7 Cara Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil Yang Di Ikutai Bintik Merah Pada Kulit

7 Cara Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil Yang Di Ikutai Bintik Merah Pada Kulit
7 Cara Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil Yang Di Ikutai Bintik Merah Pada Kulit

Kehamilan adalah suatu hal yang sangat di tunggu oleh setiap pasutri. Pada saat hamil kadang ada beberapa keluhan yang mengganggu, misalnya perut gatal saat hamil, yang juga kadang diikuti gatal dan kemerahan di sekitar telapak tangan dan kaki. Terjadinya bintik merah gatal pada kulit saat hamil disebabkan oleh meningkatnya hormon dan kimiawi lain yang berada dalam tubuh dan rasa gatal pada perut tersebut akan terus berlangsung sampai datangnya masa melahirkan.

Disini saya akan memberikan tips untuk mengatasi perut gatal saat saat hamil, seperti yang dikutip dari laman Alodokter.

7 Cara Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

1. Memakai pakaian yang longgar

Saat hamil disarankan memakai pakaian yang tidak terlalu pas. Pakaian yang pas bisa menjadi kulit lebih berisiko menggesek kulit, sehingga dapat menyebabkan iritasi. Untuk itu pilihlah pakaian dari bahan alami seperti katun yang nyaman. Hindari bahan pakaian sintetis.

Ibu hamil juga disarankan menghindari bahan pakaian dari wol atau denim yang tebal, karena bahan tersebut dapat memicu terjadinya perut gatal.

2. Pakai sabun ringan tanpa pengharum

Ini adalah cara untuk menghindari timbulnya iritasi. Ketika mandi, pastikan membilas seluruh tubuh dengan bersih, dan gunakan handuk halus setelah mandi. Selain itu ibu hamil juga harus menghindari farfum yang berbau tajam, karena itu dapat menyebabkan munculnya iritasi yang kemudian menimbulkan perut terasa gatal.

3. Menghindari mandi air panas

Hindari mandi dengan air panas, karena hal itu dapat membuat kulit kering dan menambah rasa gatal pada perut saat hamil. Sebaiknya ibu hamil dianjurkan mandi dengan air dingin, kemudian di lanjutkan menggunakan pelembap kulit, untuk dapat meringankan rasa gatal.

4. Asupan air

Minumlah yang cukup, karena penting bagi ibu hamil untuk memperoleh asupan air yang cukup, untuk menghindari dehidrasi termasuk pada kulit. Ini juga merupakan cara untuk mengatasi perut gatal saat hamil

5. Ruangan AC

Ruangan berAc atau ruangan dingin, itu semua dapat mengakibatkan kulit kering yang kemudian menimbulkan gatal saat hamil. Namun jika dianggap dapat membantu hidrasi, gunakan pelembap udara di ruangan ber-AC.

6. Ruang terbuka

Ibu hamil disarankan tidak banyak berada di ruang terbuka yang terlalu panas, karena keadaan panas dapat memicu rasa gatal pada kulit saat hamil.

7. Kompres air dingin

Jika perut terasa gatal, ibu hamil bisa mengatasi bintik merah gatal pada kulit saat hamil itu dengan mengompres bagian perut yang terasa gatal.

Lalu jika kita menggaruk perut saat hamil bahayakah buat janin? Bintik merah gatal pada kulit saat hamil itu sudah menjadi suatu hal yang wajar dan tidak berbahaya bagi janin di dalam kandungan. Namun untuk menjaga kesehatan jangan terlalu ke enakan menggaruk nya, usahakan mengatasinya dengan menggunakan krim untuk perut gatal saat hamil dan juga lebih baik untuk berkonsultasi pada dokter tentang masalah ini. Terimakasih.

Sumber : Alodokter. Ibu Dan Anak Kesehatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel