7 Cara Mengobati Amandel Anak Maupun Dewasa

7 Cara Mengobati Amandel Anak Maupun Dewasa
7 Cara Mengobati Amandel Anak Maupun Dewasa

Cara Mengobati Amandel - Pada Bahasa Medis radang amandel disebut juga dengan tonsilitis, namun orang-orang lebih sering menyebutnya dengan penyakit amandel. Namun semuanya menunjukan satu penyakit yang sama yaitu suatu peradangan dan pembengkakan pada tonsil yang ada di tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri atau virus.

Lalu bagaimana cara mengobati amandel agar hilang dan sembuh? Disini saya akan berbagi cara jitu menghilangkan amandel dan mengobatinya tanpa oprasi, baik amandel pada anak maupun dewasa dengan mengikiti tips dibawah ini:

Cara Mengobati Amandel Anak Maupun Dewasa

1. Pemberian Obat Amandel



Pemberian obat amandel merupakan cara paling efektif untuk mengatasi gejala penyakit amandel, gejala yang timbul pada umumnya yaitu sakit tenggorokan saat menelan makanan, bau mulut tak sedap, demam dan masih banyak lagi. Penderita amandel biasanya diberikan obat amandel seperti analgetik, obat kumur, antipiretik, antibiotik spektrum luas sesuai dengan indikasi.

2. Istirahat Cukup dan Vitamin C



Penderita amandel, disarankan untuk beristirahat dengan cukup serta memperbanyak  asupan vitamin C karena sangat baik untuk meningkatkan sistem imun dan dapat memperbaharui sel-sel tubuh yang rusak karena sakit. Maka dengan cara ini anda dapat menyembuhkan amandel tanpa harus melakukan oprasi.

3. Hindari Makanan Tertentu



Makanan pantangan amandel yaitu makanan pedas dan berminyak. Mengonsumsi makanan pedas dan berminyak saat amandel meradang sangat tidak disarankan, karena dapat menyebabkan amandel semakin membengkak dan meradang. Hindari juga makanan panas, karena makanan panas dapat membuat tenggorokan serta amandel makin teriritasi.

4. Perbanyak Minum Air Putih



Minum air putih secara teratur minimal 8 gelas air putih perhari. ini juga termasuk cara untuk menyembuhkan amandel karena air putih dapat membuat racun, virus serta bakteri yang ada di dalam tubuh dapat keluar melalui urine saat buang air kecil ataupun melalui keringat saat berolahraga.

5. Dengan Jintan Hitam



Jintan hitam adalah obat amandel alami yang sering digunakan untuk mengatasi penyakit amandel. Cara mengobati amandel dengan jintan hitam pun sangat mudah, yaitu hanya dengan mengonsumsinya secara teratur sehingga dapat menyembuhkan amandel dan tidak meradang lagi.

6. Bawang Merah



Bawang merah merupakan salah satu makanan atau bahan dapur yang mengandung antibiotik alami. Antibiotik alami pada bawang merah dapat membantu tubuh untuk mengurangi infeksi serta peradangan yang terjadi, misalnya pada amandel.

7. Lakukan Tindakan Operasi



Operasi pengangkatan amandel mungkin sangat disarankan untuk menyembuhkan amandel yang sudah besar dan tidak bisa disembuhkan bahkan dengan obat. Untuk mengetahui indikasi perlu melakukannya tidaknya operasi harus melalui pemeriksaan dokter terlebih dahulu.

Jika Anda merasakan tanda dan gejala seperti batuk, sakit saat menelan, nyeri tenggorokan, tidur mendengkur disertai demam, waspadailah penyakit amandel dan segera bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan diagnosis yang tepat.

Itulah 7 Cara mengobati amandel pada anak maupun dewasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih.. Kesehatan Penyakit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel