10 Tips untuk Menurunkan Berat Badan dengan cepat

10 Tips untuk Menurunkan Berat Badan dengan cepat
10 Tips untuk Menurunkan Berat Badan dengan cepat

Tips untuk Menurunkan Berat Badan dengan cepat - Pada saat ini, semakin banyak orang yang ingin menurunkan berat badan. Penurunan berat badan juga sering menjadi bahan percakapan bagi para wanita karena tubuh yang langsing dan ramping adalah idaman setiap wanita. Tetapi Anda harus ingat bahwa menurunkan berat badan harus dilakukan dengan aman dan sehat agar tidak membahayakan kesehatan Anda.

Di bawah ini ada beberapa tips menurunkan berat badan dengan cepat dan aman yang dapat Anda ikuti.

1. Minum Air Putih

Ada yang mengatakan bahwa Anda harus minum air putih atau cairan lain sebanyak 8 gelas setiap hari. Tetapi pada kenyataannya, banyak minuman selain air putih yang tinggi kandungan kalorinya, misalnya jus dan soda. Jenis minuman seperti ini jika dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menghambat keinginan Anda untuk menurunkan berat badan. Daya simpan tubuh terhadap cairan akan berkurang dengan drastis jika Anda minum air putih dalam jumlah yang cukup, sehingga berat badan Anda akan turun dengan cepat.

2. Kalori dan Lemak

Metode untuk menurunkan berat badan yang banyak digunakan oleh banyak orang adalah dengan membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi. Jika Anda sedang berusaha keras untuk menurunkan berat badan, sebaiknya Anda menghindari makanan yang banyak mengandung lemak, karena makanan berlemak biasanya memiliki kandungan kalori yang tinggi.

3. Jangan Sampai Tidak Makan

Meskipun Anda harus membatasi asupan kalori dengan ketat, bukan berarti Anda harus kelaparan untuk menurunkan berat badan. Untuk menghindari kelaparan sekaligus dapat mengurangi asupan kalori, Anda harus lebih sering menyantap makanan tetapi dalam porsi kecil. Jika tubuh merasa kelaparan, tubuh akan memiliki kecenderungan untuk makan lebih banyak. Dalam tips menurunkan berat badan ini Anda dianjurkan agar menyantap makanan utama sebanyak 4 sajkmpai 6 kali dalam sehari tapi dalam porsi kecil agar Anda terhindar dari kelaparan.

4. Kurangi Sodium

Mengurangi asupan sodium sama artinya dengan banyak minum air putih. Sodium dapat memaksa tubuh Anda untuk menyimpan lebih banyak cairan sehingga berat badan akan sulit turun. Sodium biasanya banyak terdapat pada makanan-makanan yang enak di lidah, karena sodium yang terkandung di dalam garam tersebut memang biasanya digunakan untuk menyedapkan makanan. Jika Anda ingin menurunkan badan, Anda harus mengurangi asupan sodium

5. Memperbanyak Makanan Berserat

Bahan-bahan makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan, oatmeal, dan sayuran selain banyak mengandung nutrisi juga dapat membuat perut kenyang. Menyantap makanan yang banyak mengandung serat juga bisa mengurangi keinginan Anda untuk ngemil. Selain itu serat juga sangat bermanfaat untuk membantu pencernaan.

6. Harus Sarapan

Makanan utama yang paling penting adalah sarapan. Santaplah makanan yang memiliki kandungan nutrisi seimbang tak lama sesudah Anda bangun tidur. Sarapan juga dapat mengurangi rasa lapar saat Anda menjalani aktivitas sehari-hari. Jika Anda tidak sarapan, kadar insulin dalam tubuh Anda akan naik. Dengan naiknya kadar insulin, tubuh akan menyimpan energi dalam bentuk lemak sehingga berat badan Anda akan sulit turun.

7. Berolahraga

Lakukan olahraga sedikitnya 30 menit sampai 1 jam per hari sebanyak 4 sampai 5 hari dalam seminggu. Salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan membakar kalori lebih banyak daripada yang Anda konsumsi. Selain itu, berolahraga secara teratur juga dapat meningkatkan metabolisme, dan metabolisme yang tinggi dapat membakar lebih banyak kalori.

8. Cukup Tidur

Banyaknya tidur yang Anda lakukan di malam hari dapat mempengaruhi bertambah atau berkurangnya berat badan. Jika Anda kurang tidur, tubuh akan berusaha untuk mendapatkan energi yang akhirnya akan merangsang Anda untuk makan secara berlebihan. Sebaiknya Anda tidur selama tujuh sampai delapan jam tiap kali tidur malam.

9. Latihan Beban Dalam Tingkat Sedang

Lakukan latihan ini beberapa kali dalam seminggu dalam tingkat sedang. Latihan beban dapat membantu untuk menurunkan berat badan meskipun Anda tidak berkeinginan untuk membentuk tubuh agar lebih berotot. Semakin banyak Anda membentuk otot, semakin banyak pula lemak yang Anda bakar karena otot adalah jaringan yang aktif sedangkan lemak adalah sebaliknya.

10. Tetapkan Tujuan yang Masuk Akal

Tetapkan tujuan yang masuk akal ketika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan. Jangan terlalu berlebihan dan muluk-muluk, karena selain sulit dicapai juga bisa membahayakan kesehatan Anda sendiri. Lebih baikjuga bila Anda melakukan Cara Diet Cepat Dengan Menu Makanan Yang Sehat serta dibarengi dengan olahraga. Ikuti dan jalani tips menurunkan berat badan tersebut agar Anda berhasil mendapatkan bentuk tubuh yang Anda impikan dengan aman dan sehat.

Diet Sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel