5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat untuk Remaja

5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat untuk Remaja
5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat untuk Remaja

Para remaja yang mengalami kegemukan seringkali mendapat tekanan yang berat dalam kehidupan sosial mereka, sehingga mereka ingin sekali mendapatkan tubuh yang ramping dengan melakukan diet cepat untuk menurunkan berat badan. Tekanan yang mereka dapatkan biasanya berasal dari teman-teman sebaya yang selalu mengidolakan bentuk tubuh yang ramping dan indah.

Diet ini selain dapat memperindah penampilan tubuh juga dapat membuat mereka lebih sehat, karena dapat menurunkan risiko terkena diabetes, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Dengan menerapkan langkah-langkah di bawah ini Anda akan dapat menurunkan berat badan sekitar 0,9 kg perminggu dengan cara yang sehat.

1. Katakan pada semua orang bahwa Anda sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, baik itu keluarga, teman atau guru-guru di sekolah. Jika semua orang tahu, Anda akan mendapatkan pengawasan yang ketat dari mereka apabila suatu saat Anda melanggar rancangan diet yang Anda lakukan. Dan juga, dengan membicarakan rencana Anda dengan orangtua, mereka akan dapat membantu Anda untuk menjalani program penurunan berat badan ini dengan lebih sehat karena mereka akan menyediakan makanan-makanan yang lebih sehat pada Anda.

2. Rubahlah pola makan Anda dengan lebih banyak melibatkan buah-buahan dan sayuran. Tidak seperti junk food yang penuh dengan kalori dan lemak, buah dan sayuran merupakan makanan yang banyak mengandung air dan rendah kalori. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah dan sayuran sangat diperlukan oleh tubuh Anda untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat. Pilihlah bahan makanan yang banyak mengandung serat dan biji-bijian serta produk-produk susu rendah lemak.

3. Konsumsilah kalori dalam takaran yang tepat. Jumlah kalori harian yang dibutuhkan oleh tiap-tiap orang tidak sama, karena hal itu tergantung pada usia, ukuran dan berat badan. Seorang remaja yang masih berusia muda dan bertubuh kecil hanya memerlukan sekitar 1500 kalori setiap harinya. Sedangkan remaja yang berusia lebih tua dan lebih tinggi harus mengkonsumsi sedikitnya  2500 kalori dalam sehari.

4. Berolahraga sedikitnya tiga kali seminggu. Pilihlah olahraga yang Anda sukai sehingga Anda dapat menikmati dan menjalaninya dengan nyaman dan menyenangkan. Misalnya dengan bermain basket bersama teman-teman, atau bersepeda santai keliling kota. Anda juga bisa bergabung dengan perkumpulan bela diri seperti karate atau tinju, atau bergabung dengan tim olahraga sekolah seperti sepakbola, bola voli, bisbol atau renang. Jika Anda menikmati kegiatan olahraga yang Anda lakukan, Anda akan tetap aktif secara fisik.

5. Jangan melewatkan sarapan, karena sarapan dapat meningkatkan metabolisme dan menambah energi agar Anda dapat menjalani kegiatan Anda dengan baik. Dengan sarapan yang sehat di pagi hari, Anda akan dapat menjalani diet cepat Anda dengan konsisten. Perut yang sudah terisi juga akan mengurangi atau menghilangkan rasa lapar dan keinginan untuk ngemil.

Usahakan agar tubuh Anda tetap aktif dan terus bergerak. Berat badan tidak akan berkurang jika Anda hanya bermalas-malasan dengan menonton televisi. Yang harus diingat, Anda tidak boleh berlebihan dalam berolahraga dan melakukan diet, karena bila Anda terlalu lelah, itu tidak sehat. Anda juga harus tidur dalam jumlah yang cukup.

Jangan melakukan diet cepat yang membuat berat badan Anda turun melebihi 0,9 kg per minggu, karena hal itu tidak sehat dan dapat mengganggu kesehatan. Jalani diet dan olahraga sesuai rancangan, karena menurunkan berat badan secara sehat memerlukan kesabaran dan waktu yang tidak singkat.
Diet Sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel