8 Makanan Terbaik Untuk Menu Sarapan Sehat

8 Makanan Terbaik Untuk Menu Sarapan Sehat
8 Makanan Terbaik Untuk Menu Sarapan Sehat

Sarapan adalah makanan terpenting bagi kita, karena sarapan memberi kita bahan bakar dan energi untuk menjalani aktivitas di sepanjang hari dengan baik. Anda harus mengkonsumsi sarapan sehat yang banyak mengandung serat, bergizi, dan rendah lemak untuk memulai hari yang penuh dengan aktivitas. Untuk mendapatkan sarapan yang penuh dengan nutrisi, cobalah untuk membuat hidangan makanan yang mengandung biji-bijian murni (whole grains), buah dan sayuran, serta protein dan susu rendah lemak. Di bawah ini ada beberapa contoh sarapan sehat yang dapat Anda terapkan agar Anda lebih berenergi dalam memulai hari.

1. Oatmeal

Oatmeal adalah jenis makanan yang baik dan sehat untuk sarapan karena merupakan sumber serat yang baik dan rendah lemak. Tambahkan dengan buah segar, kacang-kacangan dan susu rendah lemak agar oatmeal Anda memiliki kandungan nutrisi, protein dan kalsium tambahan.

2. Orak Arik dan Omelet Putih Telur

Meskipun telur adalah sumber protein rendah lemak yang baik, telur juga banyak mengandung kolesterol terutama pada bagian kuning telur. Oleh karena itu sebaiknya Anda memilih putih telurnya saja demi kesehatan jantung Anda. Buatlah omelet putih telur dengan mencampur putih telur dengan irisan sayuran seperti paprika, brokoli atau jamur yang ditemani dengan keju rendah lemak. Atau buatlah orak-arik putih telur yang bisa disantap bersama roti panggang dan buah-buahan. Dengan menyantap sarapan sehat ini, Anda akan merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

3. Jus Buah

Anda bisa menikmati sarapan yang lezat dan bergizi dengan menyantap jus buah. Anda bisa membuatnya dengan memblender dua cangkir buah-buahan segar atau beku seperti blueberi, stroberi dan pisang. Agar hidangan ini lebih mengenyangkan, Anda dapat menambahkan yogurt rendah lemak dan memblendernya.

4. Sereal dan Buah-buahan

Sereal dari biji-bijian murni dengan sedikit kandungan gula tetapi banyak mengandung serat adalah jenis sarapan sehat bagi Anda. Tambahkan sereal ini dengan irisan pisang atau blueberi dan susu rendah lemak.

5. Roti dari Biji-bijian Murni (Whole Grain)

Whole grain adalah sumber vitamin dan mineral yang bagus dan merupakan sumber energi yang baik untuk menjalani kegiatan Anda sepanjang pagi. Santaplah roti panggang yang diolesi selai kacang atau selai almon tanpa garam, dan tambahkan pula sebutir apel atau pisang. Anda juga dapat membuat sarapan sehat berupa sandwich dengan menambahkan putih telur atau telur rebus, serta daging dan keju tanpa lemak di atas roti tersebut.

6. Pancake atau Kue Wafel

Pancake atau wafel masih bisa Anda nikmati jika Anda menambah kandungan nutrisinya dengan menggunakan tepung dari gandum murni dan menyingkirkan kandungan gulanya. Tambahkan pancake Anda dengan buah, yogurt dan satu sendok madu atau selai.

7. Yogurt

Yogurt rendah lemak yang ditemani dengan kacang-kacangan, kismis, dan buah-buahan adalah sebuah sarapan sehat yang menyenangkan dan lezat.

8. Telur Rebus

Merebus telur adalah cara terbaik untuk menikmati telur tanpa adanya tambahan lemak seperti jika kita mengolahnya dengan cara digoreng menggunakan minyak atau mentega. Anda dapat menikmati telur rebus bersama dengan roti panggang dan buah-buahan.

Sarapan sehat memang sangat penting bagi kita karena sarapan digunakan sebagai energi agar tubuh dan pikiran tetap kuat sampai waktu makan siang tiba. Tanpa sarapan sehat tubuh Anda akan loyo dan otak Anda tidak akan memperoleh protein yang dibutuhkan agar otak dapat berfungsi dengan baik. Dengan pemilihan jenis makanan yang tepat, sarapan adalah salah satu bagian dari diet sehat yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan.
Diet Sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel