Memilih Program Diet Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Memilih Program Diet Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan
Memilih Program Diet Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan
Program Diet

Sebesar apapun keinginan Anda untuk menurunkan berat badan, Anda harus mempertimbangkan dengan seksama sebelum Anda memilih sebuah program diet. Pada saat ini, banyak program penurunan berat badan yang menjanjikan hasil yang cepat tetapi dengan cara yang tidak sehat.

Anda harus mencari program yang dapat membantu membuat perubahan gaya hidup yang positif dalam hal diet maupun olahraga agar Anda dapat menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan tersebut agar tidak naik. Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih sebuah program penurunan berat badan.

1 Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda memulai program menurunkan berat badan. Utarakan apa yang menjadi tujuan Anda dalam mengikuti program ini, apakah obat-obatan yang Anda minum dapat membantu menurunkan berat badan Anda, dan apakah Anda cukup sehat dan kuat untuk menjalani olahraga yang dianjurkan. Dokter pasti akan memberitahu Anda program mana yang terbaik dan sehat bagi Anda.

2 Carilah program diet yang dapat membantu merubah gaya hidup Anda secara positif. Banyak program yang dapat membuat berat badan Anda turun, tetapi hanya sedikit yang benar-benar dapat merubah kebiasaan makan dan olahraga yang dapat digunakan untuk mempertahankan berat badan Anda agar tidak naik di kemudian hari. Program yang Anda pilih harus mendorong Anda untuk menjalani pola makan yang sehat, olahraga secara teratur dan memberi dukungan secara kelompok maupun individual.

3 Program yang Anda pilih harus mendorong diterapkannya pola makan yang sehat dan seimbang. Program Diet yang membatasi asupan kelompok makanan tertentu atau yang mengharuskan Anda untuk menghindari beberapa jenis makanan memang dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan, tetapi tidak akan membuat Anda dapat mempertahankan berat badan Anda agar tidak naik. Program Diet yang baik harus melibatkan semua kelompok makanan dan menitik beratkan pada pengaturan porsi makanan, pemilihan bahan makanan yang sehat serta membatasi (bukan menghindari) asupan makanan yang banyak mengandung kalori.

4 Pilihlah program yang mengharuskan Anda untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur. Anda dapat menurunkan berat badan dengan memadukan olahraga dengan pembatasan asupan kalori. Olahraga juga dapat memperkuat jantung, membangun otot dan meningkatkan mood, sehingga kesehatan Anda secara keseluruhan akan meningkat seiring dengan turunnya berat badan.

5 Telitilah apakah program tersebut juga menawarkan konseling untuk individu maupun kelompok atau tidak. Perubahan dalam aspek psikologis sama pentingnya dengan perubahan fisik dalam program menurunkan berat badan. Kebulatan tekat Anda untuk merubah gaya hidup akan lebih besar jika Anda memiliki teman atau kelompok yang memiliki tujuan yang sama dan memiliki konselor yang memberi bimbingan dan pengarahan.

6 Pilihlah program yang tidak membatasi asupan kalori secara drastis. Anda tidak boleh mengurangi asupan kalori hingga dibawah 1200 kalori per hari karena hal itu bisa membuat Anda kurang gizi.

7 Pastikan bahwa Anda memiliki cukup uang untuk mengikuti program diet yang Anda pilih. Periksalah apakah biaya yang disebutkan sudah termasuk biaya untuk makanan dan konseling yang Anda terima atau tidak. Jika anggaran Anda minim, pilihlah program yang memperbolehkan Anda untuk menyantap makanan Anda sendiri daripada harus membeli makanan di tempat itu. Pilihlah Program diet yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda dan juga sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menurunkan berat badan.

Pilihlah Program diet sehat yang dapat menurunkan berat badan sekitar setengah sampai 1 kg per minggu. Menurunkan berat badan secara perlahan dan bertahap akan lebih efektif untuk mempertahankan berat badan secara permanen. Carilah program yang benar-benar disusun oleh ahli diet, ahli gizi atau dokter untuk memastikan bahwa diet tersebut aman bagi Anda. Hindari Program diet yang mengharuskan Anda untuk menyantap satu atau dua jenis makanan saja, karena diet tersebut tidak sehat dan dapat membuat kesehatan Anda terganggu.
Diet Sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel