Nutrisi Makanan Sehat Saat Diet bagi Remaja

Nutrisi Makanan Sehat Saat Diet bagi Remaja
Nutrisi Makanan Sehat Saat Diet bagi Remaja

Nutrisi Makanan Sehat Saat Diet - Untuk menjalani diet yang sehat tentu saja Anda harus memillih makanan yang sehat. Kenyataannya pada saat ini para remaja banyak dijejali dengan makanan-makanan sampah sebagai akibat dari pergaulan sosial mereka dengan teman-teman sebaya. Berbagai media massa juga terus menerus menyuguhkan iklan dan promosi produk-produk makanan dan snack yang banyak mengandung gula, garam, lemak dan bahan-bahan kimia lainnya. Dibawah ini ada beberapa petunjuk tentang apa saja makanan yang sehat dan berapa banyak sebaiknya kita mengkonsumsinya.

Karbohidrat

Para remaja harus bisa memilih sumber-sumber karbohidrat yang baik dan sehat agar mereka tetap aktif sepanjang hari. Setiap hari mereka harus mengkonsumsi sekitar enam sampai delapan porsi karbohidrat baik. Bahan makanan yang merupakan sumber karbohidrat yang baik diantaranya adalah roti dari gandum murni (gandum utuh), pasta, kentang dan sereal.

Sayuran

Agar dapat manjalani diet yang sehat, para remaja harus banyak makan sayuran karena sayuran mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sayuran yang baik dan sehat bisa diperoleh dari wortel, brokoli, buncis, kecambah dan kacang polong. Mereka harus mengkonsumsi sedikitnya empat porsi sayuran setiap hari.

Buah-buahan

Masa remaja selalu identik dengan kumpul-kumpul sambil ngemil atau makan snack. Agar dapat menjalani diet sehat mereka lebih baik memilih buah-buahan sebagai snack harian, karena buah-buahan banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Apel, pir, strawberi dan jeruk adalah contoh buah-buahan yang baik dan sehat. Mereka harus menyantap sedikitnya tiga porsi buah-buahan setiap hari.

Susu

Tulang sangat membutuhkan kalsium agar dapat tumbuh dengan baik, kuat dan sehat. Kalsium bisa didapatkan dari susu atau produk-produk yang terbuat dari susu seperti keju dan yogurt. Konsumsilah susu atau produk dari susu sekitar tiga atau empat porsi dalam sehari.

Protein

Remaja membutuhkan protein untuk membangun otot. Mereka harus mengkonsumsi protein sebanyak dua sampai tiga porsi sehari. Sumber protein yang baik misalnya daging merah, daging unggas, ikan, telur dan kacang-kacangan.

Masa remaja memang rawan terkena pengaruh pergaulan dengan teman-teman sebaya mereka, termasuk dalam hal makanan. Mereka harus diberi batasan-batasan tertentu dalam hal asupan makanan yang tidak sehat. Makanan tidak sehat yang harus dibatasi adalah makanan yang banyak mengandung lemak seperti keripik kentang, es krim dan kue-kue. Mereka tidak boleh menyantap makanan tersebut lebih dari satu kali dalam sehari.

Jika ada situasi dan kondisi tertentu yang membuat mereka tidak dapat mengkonsumsi makanan yang sehat, mereka dapat mengkonsumsi suplemen makanan agar vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dapat tercukupi. Tetapi tindakan ini tidak dapat dijadikan kebiasaaan yang dimasukkan dalam rancangan diet sehat mereka dalam jangka panjang. Jika keadaan sudah memungkinkan untuk mengkonsumsi makanan segar dan sehat, mereka harus meninggalkan pemakaian suplemen ini.

Orangtua juga memiliki peranan yang penting dalam menyediakan makanan yang sehat untuk anak remaja mereka di rumah.  Anak harus diberi nutrisi-nutrisi penting agar tubuh mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat. Hindari penggunaan makanan sampah yang hanya akan menimbulkan masalah-masalah kesehatan dan kegemukan. Orangtua harus memberlakukan kebiasaan  diet yang baik dan sehat dalam keluarga mereka, karena kebiasaan yang diterapkan di dalam keluarga akan terus diikuti dan dijalani oleh anak-anak sampai mereka dewasa kelak.
Diet Sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel