Rancangan Menjalankan Diet untuk Binaraga (Bodybuilding)

Rancangan Menjalankan Diet untuk Binaraga (Bodybuilding)
Rancangan Menjalankan Diet untuk Seorang Binaraga (Bodybuilding)
Diet Untuk Binaraga

Jika Anda dapat membuat rancangan diet yang baik ketika sedang menekuni binaraga, Anda akan bisa mendapatkan tubuh berotot seperti yang Anda impikan dan hilangnya lemak dari tubuh Anda dalam jumlah besar. Tanpa menggunakan rancangan yang bagus, Anda tidak akan memperoleh bentuk tubuh seperti yang Anda inginkan. Perumpamaannya adalah seperti ini, jika Anda adalah seorang pengemudi yang handal, Anda akan sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Tetapi jika mobil yang Anda kendarai tidak diberi bahan bakar dan minyak pelumas yang tepat, mobil tersebut tidak akan berjalan dengan baik dan sempurna, dan kemungkinan besar akan rusak di tengah jalan. Kita semua tahu bahwa olahraga itu penting, tetapi agar tujuan Anda berolahraga tersebut dapat berhasil, Anda harus menyediakan makanan yang sehat dan tepat bagi tubuh Anda. Kuncinya adalah bekerja keras dan berpikiran cerdas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika Anda akan melakukan rancangan untuk menjalankan diet saat Anda sedang menekuni binaraga, yaitu:


  1. Agar Anda dapat menjaga metabolisme dan meningkatkan energi, makanlah lima sampai enam kali sehari atau kira-kira setiap dua sampai tiga jam sekali. Tindakan ini juga dapat menghilangkan keinginan Anda untuk ngemil dan dapat mendorong pertumbuhan otot secara terus-menerus.
  2. Untuk membentuk otot dengan baik, Anda harus mengkonsumsi kalori lebih banyak daripada yang Anda bakar. Anda harus menentukan jumlah kalori yang harus Anda konsumsi per hari dan tetap mempertahankan jumlah itu setiap hari.
  3. Dari jumlah total kalori yang Anda konsumsi, bagilah menjadi 40% untuk protein, 40% untuk karbohidrat, dan 20% nya untuk lemak.
  4. Alokasikan 10% untuk protein dari asupan kalori yang Anda konsumsi per hari dalam ukuran gram. Misalnya jika Anda merancang diet dengan mengkonsumsi 3000 kalori per hari, berarti Anda harus mengkonsumsi protein sebesar 300 gram. Jika Anda makan 6 kali sehari, berarti tiap kali makan, Anda harus memasukkan 50 gram protein dalam menu makanan Anda.
  5. Minumlah air putih sebanyak 60% dari berat badan Anda seolah-olah ukuran berat adalah ounce. Misalnya begini, berat badan Anda adalah 81 kg dan jika dikonversi ke dalam pound berarti sekitar 180 pound. Jadi 60% dari 180 adalah 108 ounce. Jadi air yang harus Anda minum setiap hari adalah sebanyak 108 ounce yang jika dikonversi ke dalam liter adalah 3,2 liter.


Semua hal di atas adalah aturan dasar yang biasa dipakai oleh semua orang yang menekuni binaraga dalam merancang diet mereka. Aturan tersebut memang sulit dilakukan dengan tepat, tetapi untungnya tersedia banyak rancangan makanan yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghitung jumlah kalori yang akan Anda konsumsi setiap hari, baru kemudian membuat rancangan diet yang sesuai dengan selera dan kondisi Anda. Dibawah ini ada sebuah contoh rancangan diet yang biasa dilakukan oleh para binaragawan (dengan makan enam kali sehari).

Makanan pertama (sebelum latihan): 6 putih telur, 1 cup oatmeal

Makanan kedua (sarapan): Protein shake atau permen pengganti makanan yang kaya protein dan minyak flaxseed.

Makanan ketiga (sebelum makan siang): 230 gram daging tanpa lemak, 2 cup sayuran hijau, dan 1 cup nasi.

Makanan keempat (makan siang): ikan tuna, salad, dan roti bagel dari gandum murni

Makanan kelima (makan malam): 230 gram daging tanpa lemak, 2 cup sayuran hijau, dan 1 kentang panggang

Makanan keenam (snack): produk pengganti makanan yang mengandung minyak flaxseed.

Dengan rancangan diet seperti di atas Anda akan memperoleh bentuk tubuh berotot yang Anda idamkan, tetapi sulit untuk mengatakan apakah setiap bahan makanan yang disebutkan sudah sesuai dengan asupan kalori yang telah Anda rancang. Kesulitan lainnya adalah mencari makanan pengganti yang tepat jika suatu saat Anda bosan dengan menu tersebut setelah menjalaninya selama beberapa minggu.

Tetapi jangan khawatir, masih ada beberapa program yang memiliki rancangan diet secara terperinci dan ketat seperti di atas tetapi masih memperbolehkan Anda untuk memasukkan bahan-bahan makanan lain yang sesuai dengan selera dan kondisi Anda.

Jika Anda belum siap untuk menjalani rancangan diet yang ketat tersebut, tindakan pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mulai mengurangi dan menyingkirkan lemak jahat dan pemanis buatan dari menu makanan Anda. Lakukan dengan perlahan-lahan, jangan langsung menjalani rancangan diet yang baru tanpa melakukan perubahan menu secara bertahap. Lambat laun Anda akan terbiasa dengan rancangan diet yang baru tersebut dan dapat menjalaninya dengan baik.

Jika Anda ingin berhasil, ikuti pepatah lama yang mengatakan: rencanakan apa yang akan kamu kerjakan dan kerjakan apa yang telah kamu rencanakan. Yang jelas, Anda lebih baik mengikuti saran dan anjuran ahlinya jika Anda ingin membuat rancangan diet untuk binaraga. Dan jika Anda sudah memiliki rancangan diet yang baik dan tepat, jalani diet tersebut dengan konsisten, agar Anda bisa memperoleh hasil sesuai harapan.

Diet Sehat Olahraga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel