16 Manfaat dan Efek Samping Daun Binahong Untuk Kesehatan

16 Manfaat dan Efek Samping Daun Binahong Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan dan Menyembuhkan Penyakit

Manfaat dan Efek samping Daun Binahong Untuk Kesehatan - Daun binahong menyimpan banyak manfaat dan khasiat alaminya sebagai obat untuk segala macam penyakit dan menjaga kesehatan. Daun binahong memiliki kandungan senyawa alami yang sebenarnya sampai saat ini masih dalam tahap penelitian. Namun, disinyalir daun binahong memiliki efek farmakologis yang mengandung antioksidan dan antivirus yang cukup tinggi.

Daun binahong memang terkenal sangat ampuh untuk membantu menyembuhkan  penyakit. Dan sudah dikenal sebagai tanaman herbal yang bisa dipakai untuk pengobatan tradisional. Kandungan alami di dalam daun binahong yang bermanfaat untuk kesehatan adalah saponin, alkaloid, polifenol, mono polisakarida termasuk di dalamnya L-arabinosa, D-galaktose, L-rhamnose, D-glukosa, flavonoid, Asam oleanolik, Protein, asam askorbat (vitamin C).

Selain itu aktivitas yang dimunculkan dari tanaman herbal daun binahong ini adalah aktivitas sebagai penangkal radikal bebas atau antioksidan, asam askorbat, senyawa fenolik, dan senyawa-senyawa ini sangat baik untuk membantu melawan berbagai serangan bakteri gram yang positif dan yang negatif dan digunakan untuk pengobatan pada penyakit seksual menular.

Kandungan lain dalam daun binahong adalah kandungan asam oleanolic yang bermanfaat sebagai anti peradangan atau anti inflamasi untuk mengurangi rasa sakit pada luka. Kadar protein dalam umbi binahong juga dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh untuk merangsang terjadinya pembentukan antibodi. Protein yang bisa merangsang tubuh untuk membantu menghasilkan hormon pertumbuhan serta reproduksi sel yang bisa membantu menggantikan sel yang sudah rusak.

Zat antimikroba yang ditemukan di dalam akar dan daun tanaman adalah saponin. Selain sebagai zat antimikroba juga sebagai zat antibakteri dan juga sebagai antivirus. Saponin mempunyai manfaat sebagai pembersih dan bisa membantu merangsang untuk pembentukan kolagen, protein yang mempunyai peran dalam proses penyembuhan luka dengan cepat. Saponin juga menunjukkan keampuhan aktivitasnya untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi, meningkatkan kekebalann tubuh, sebagai zat antikanker, antioksidan dan bisa membantu mengurangi resiko dari terjadinya penyakit jantung koroner.

Dibawah ini beberapa manfaat daun binahong untuk kesehatan adalah untuk membantu mengobati penyakit :
  1. Gegar otak ringan atau berat
  2. Mempercepat proses penyembuhan setelah operasi melahirkan
  3. Mengobati luka dalam
  4. Mencegah dan membantu mengobati stroke
  5. Menurunkan asam urat tinggi
  6. Obat ambeien alami
  7. Menurunkan darah tinggi
  8. Menurunkan kolesterol tinggi
  9. Menambah dan meningkatkan vitalitas daya tahan tubuh
  10. Serta manfaat lainnya.
Penggunaan daun binahong untuk pengobatan tradisional luar, membutuhkan waktu penyembuhan sekitar 1-6 bulan. Dan untuk mengoptimalkan serta mempercepat proses penyembuhan, diharapkan ramuan alami daun binahong ini diminum setiap hari.

Sedangkan untuk pengobatan luar, maka bisa membantu utnuk mengatasi dan mengobati berbagai penyakit seperti :
  1. Luka memar akibat terpukul
  2. Kena api
  3. Reumatik
  4. Pegal linu
  5. Nyeri sendi
  6. Menghaluskan kulit
Cara membuat ramuan daun binahong untuk mengatasi penyakit luar adalah : daun binahong dan batangnya ditumbuk sampai halus, dan kemudian dioleskan sedikit saja pada bagian yang sakit.

Efek Samping Daun Binahong

Efek dari Daun binahong juga dapat mengakibatkan

  • rasa pusing
  • gelisah
  • insomnia
  • sakit kepala
  • hilang nafsu makan
  • mual
  • muntah
  • flushing
  • kesemutan
  • kesulitan buang air kecil
  • dan detak jantung berdebar

Jangan gunakan binahong dengan stimulan atau campuran lainnya seperti kafein. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping, termasuk mengancam jiwa. Sumber kafein termasuk kopi, teh, kacang kola.

Untuk ibu hamil dan menyusui daun binahong tidak aman dikonsumsi, maka jangan gunakan ramuan tersebut untuk di minum. Selain itu daun binahong dapat menyebabkan nyeri dada (angina)lebih buruk karena merangsang hati. Jangan gunakan jika memiliki masalah angina ini.

Nah itulah bahasan mengenai manfaat dan efek samping daun binahong untuk kesehatan dan obat penyakit yang mungkin harus anda ketahui.

Herbal Alami Kesehatan Manfaat Daun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel