Apa Itu JERAWAT? (Munculnya Jerawat)

Apa Itu JERAWAT? (Munculnya Jerawat)
Apa itu jerawat

Apa Itu Jerawat?

Banyak definisi jerawat atau pengertian jerawat yang dijelaskan oleh para pakar kesehatan. Disini kami ringkaskan bahwa jerawat adalah kondisi umum di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga terbentuk kantung-kantung minyak yang terpadu dengan kotoran dan sel-sel kulit mati.

Bakteri penyebab jerawat akan tumbuh dan pada kulit dan akan berkembang biak. Jika keadaan seperti ini diabaikan begitu saja maka yang terjadi menimbukan pori-pori akan tersumbat kemudian membengkak dan membentuk timbunan nanah. Apabila permukaan kulit telah matang maka akan pecah dan akan mengeluarkan nanah.

Jerawat adalah sejenis penyakit pada kulit yang hampir semua orang pernah menderita jerawat. Seorang peneliti masalah jerawat terkenal di dunia berkata, "Tidak seorang pun di dunia dalam masa hidupnya tanpa mengalami masalah jerawat pada kulitnya."

Tidak dapat kita pungkiri, salah satu gangguan terbesar yang datang dan bisa mengganggu penampilan, terutama mengganggu kecantikan adalah munculnya jerawat di wajah. Sering kita menjadi tidak percaya diri dengan adanya jerawat di muka kita.

Kadang kita banyak keluarkan uang untuk mengatasi jerawat,  tapi jerawat hilang seketika dan muncul terus menerus jika obat yang di berikan dokter sudah habis dan jerawat itu sering muncul kembali di tempat yang sama.

Seperti yang ditulis pada situs FIMELA.COM  Penyabab jerawat muncul kembali diakibatkan dari 5 faktor seperti berikut ini:

1.Menyentuh wajah dengan tangan

Salah satu penyebab jerawat muncul kembali pada area yang sama adalah karena kebiasaan kita yang sering menyentuh atau memegang wajah, Apakah kalian tergolong dari orang yang memiliki kebiasaan seperti itu? Menurut penelitian yang diterbitkan Clinical Infectious Diseases, pada umumnya sebagian besar orang akan menyentuh wajahnya sebanyak 3-4 kali dalam satu jam.

Disitulah tanpa kita sadari, mungkin tangan kita penuh dengan berbagai macam kuman dan bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi dan peradangan di kulit, sehingga berpotensi bisa menimbulkan jerawat di area wajah yang sama. Untuk mencegah jerawat muncul kembali, kita perlu menjaga kebersihan tangan, terutama sebelum kita akan menyentuh bagian wajah.

2. Memencet Jerawat Sembarangan

Kadang jika jerawat muncul di wajah kitapun merasa gemas dan ingin memencet jerawat saat kondisinya besar dan matang. Sebenarnya memencet jerawat merupakan kebiasaan buruk yang tidak boleh kita lakukan karena dapat membuat iritasi pada kulit, hiperpigmentasi kulit dan juga dapat memperparah kondisi kulit. Kebiasaan ini juga dapat membuat jerawat muncul lagi di wajah.

3. Penggunaan Makeup atau Skin Care yang tidak cocok

Jika jerawat sudah hilang, tetapi beberapa saat kemudian jerawat muncul kembali di area yang sama. Jika hal tersebut terjadi maka kita perlu memilih produk makeup maupun skin care yang cocok untuk jenis kulit kita.

4. Faktor Hormon

Jika kita merasa penggunaan skin care dan makeup sudah cocok dengan jenis kulit kita, tetapi kenapa jerawat terus menerus muncul kembali? Hal ini karena bisa juga dipengaruhi hormon yang tidak seimbang pada tubuh kita. Kejadian seperti ini sering terjadi pada wanita yang sedang datang bulan.

5. Produk Perawatan Rambut Kurang Tepat

Jerawat sering muncul terus menerus? Ini bisa saja karena dalam penggunaan produk hair styling dan perawatan tidak cocok dengan kulit dapat memicu alergi pada kulit sehingga menyebabkan jerawat muncul kembali.

Jerawat Kecantikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel