Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Ini Penjelasannya

Banyak yang berkata bahwa saat hamil tidak boleh makan durian atau duren. Karena jenis buah ini bisa memembuat keguguran jika di konsumsi oleh ibu hamil. Benarkah demikian?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Ini Penjelasannya

Menurut dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG, khusus spesialis kebidanan dan kandungan. Sebenarnya boleh ibu hamil makan durian, asalkan calon ibu tersebut tidak memiliki penyakit seperti maag, karena Durian dapat memproduksi gas pada lambung sehingga calon ibu yang memiliki penyakit maag bisa menimbulkan efek perut kembung dan mual. Sebab, sakit maag yang dideritanya menjadi kambuh.

Namun, beberapa penelitian juga mengatakan bahwa durian didalamnya memiliki kandungan efek antioksidan, durian juga berkhasiat sebagai antimikroba, antibakteri, dan antijamur yang juga sangat menguntungkan untuk kehamilan. Selain itu, durian juga mengandung banyak serat, sehingga baik untuk mencegah konstipasi yang sering terjadi pada ibu hamil. Durian juga kaya akan zat besi dan mineral lainnya, seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Zat besi dan tembaga pada durian dapat membantu proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh, yang penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Tetapi ibu hamil yang mengidap penyakit maag dan diabetes kehamilan (diabetes gestasional) tidak dianjurkan untuk mengonsumsi dan makan durian karena kandungan gulanya yang tinggi. Ini adalah kondisi di mana saat ibu hamil memiliki tingkat glukosa darah lebih tinggi dari normal.

Lalu berapa porsi dan batasan makan Durian untuk ibu Hamil? 
Sebenarnya, tidak ada batasan yang pasti terkait konsumsi durian saat hamil. Ini karena ibu hamil harus tahu sendiri batasannya. Artinya, ibu hamil hanya disarankan untuk mengonsumsi durian secukupnya atau sekadar mencicipinya sedikit saja. Sebab, asupan utama saat ibu hamil adalah ikan, daging, sayur, dan telur.

Itulah seputar tentang durian untuk ibu hamil, jadi bunda sudah mendapat jawaban terkait pertanyaan bolehkah ibu hamil makan durian? apakah saat hamil boleh makan durian? dan juga dampak dan bahaya makan durian saat hamil. Semoga artikel di atas bisa memecahkan jawabannya. Namun bunda juga harus tetap waspada dan harus hati-hati dalam menjaga kandungan dan janin saat hamil.

Sumber artikel di ambil dari berbagai situs kedokteran dan kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel