20 Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Plak Yang Parah

  20 Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Plak Yang Parah
20 Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Plak Yang Parah

Cara Menghilangkan Karang Gigi | Senyum merupakan ibadah, dengan memiliki gigi putih membuat seseorang menjadi menarik dan juga tentunya akan menambah kecantikan. Karena itu, sangat penting untuk bagi kita untuk merawat dan membersihkan gigi dengan baik.

Gigi cenderung mudah terpengaruh oleh karang gigi dan dan plak yang berdampak buruk pada kesehatan gigi. Plak adalah lapisan bakteri yang lengket, lunak dan hampir tidak terlihat yang biasanya menumpuk di gigi, dan lidah, tumpukan plak yang mengeras inilah yang menyebabkan karang gigi.

Karang gigi bersipat keras dan berwarna kuning pada gigi serta dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Lalu bagaimana cara menghilangkan karang gigi? Jawabannya, Pada artikel ini saya akan memberikan tips perawatan alami untuk membersihkan karang gigi yang mengeras dan membandel. Yuk kita lihat caranya dibawah ini:

20 Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri Yang Bisa Anda Lakukan Di Rumah


1. Sikat gigi dengan benar

Faktor terpenting untuk menghilangkan karang gigi dan mencegah plak adalah menyikat gigi setiap hari. Anda perlu menyikatnya secara teratur 2-3 kali dalam sehari untuk menghilangkan plak sebelum plak menjadi karang gigi yang mengeras dan membandel.

The American Dental Association (ADA) merekomendasikan cara menyikat gigi yang paling efisien: Pegang sikat gigi pada posisi sudut 45 derajat ke garis gusi Anda. Gosokan sikat ke arah atas dan ke bawah. Cara ini dapat membersihkan karang gigi pada garis gusi, yang kadang banyak orang melewatkannya.

2. Gunakan gasta gigi fluoride

Zat fluoride ini dapat memperkuat email gigi dan mengurangi risiko pembusukan dari sisa makanan yang menempel yang dapat menjadi plak.

3. Baking soda dan minyak kelapa

Campurkan masing-masing dua sendok makan minyak kelapa dan baking soda dalam wadah. Celupkan sikat gigi pada campuran bahan tersebut, kemudian sikat seperti biasa untuk menghilangkan karang gigi dan plak.

4. Soda kue, baking soda dan garam

Campurkan 1 sendok makan soda kue dengan setengah sendok teh garam dapur dalam mangkuk kecil. Basahi sikat gigi Anda dan celupkan ke dalam campuran bahanb tersebut dan sikat gigi anda. lakukan cara ini dengan rutin untuk merontokan dan menghilangkan karang gigi yang sudah parah.

5. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya sudah tidak diragukan lagi akan khasiatnya untuk kecantikan, tetapi tahukah Anda bahwa gel lidah buaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan menghilangkan plak?

Caranya cukup campurkan soda kue dan satu sendok gel lidah buaya. Kemudian tambahkan minyak atsiri lemon dan empat sendok teh gliserin sayuran. Campurkan bahan tersebut hingga membentuk pasta. Kemudian gosok gigi Anda dengan formula tersebut untuk membersihkan plak dan karang gigi.

6. Gosok dengan kulit jeruk

Kulit jeruk mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah terjadinya penumpukan plak dan juga dapat memutihkan gigi. Caranya gosok menggunakan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih pada permukaan gigi selama setidaknya dua menit sebelum menyikat gigi.

7. Buah dan Sayuran

Suka atau tidak, sayuran adalah bahan yang kaya akan vitamin seperti batang seledri, wortel, dan paprika. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, sayuran tersebut juga baik untuk kesehatan gigi.

8. Biji Wijen

Siapkan 1 sendok teh biji wijen, kemudian kunyah sedikit aga lama dan jangan menelannya. Setelah itu buang kunyahan tersebut lalu sikat sisa sisa kunyahan yang tersisa dengan sikat gigi kering. Cara ini dipercaya mampu memutihkan gigi dan menghilangkan karang gigi yang sudah parah.

9. Buah Ara

Mengkonsumsi buah ara merupakan cara untuk membersihkan karang gigi dan memperkuat gusi. Anda hanya perlu makan tiga atau empat buah ara sekaligus. Cara Ini membantu membersihkan gigi dan menghilangkan karang gigi dan plak.

10. Gunakan Sikat Gigi Listrik

Banyak dokter gigi kadang menyarankan untuk menggunakan sikat gigi elektrik untuk membersihkan karang gigi dan menjaga gigi agar tetap bersih. Penelitian mengatakan, bahwa sikat listrik lebih efisien dalam menghilangkan sisa makanan yang membuat terjadinya pembentukan karang gigi.

11. Menggunakan benang

Penumpukan plak dan karang gigi sering timbul di antara gigi dan di sepanjang garis dibawah gusi yang terkadang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Karena itu kita bisa menggunakan benang untuk membersihkan karang gigi yang mengeras dan menumpuk di tempat yang sulit dijangkau.

12. Antiseptik atau Larutan Peroksida

Anda juga dapat menghilangkan karang gigi dengan pencuci mulut atau pembersih berbahan dasar hidrogen peroksida. Jika kita tidak dapat menemukan jenis produk ini, kita bisa membuatnya sendiri.

Caranya ambil satu sendok makan obat kumur antiseptik dan tambahkan tiga sendok makan (hanya 3%) larutan hidrogen peroksida, campurkan bahan lalu buat untuk berkumur. Tetapi kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa bahan yang di gunakan memiliki kandungan zat yang tepat karena jika salah dapat merusak kesehatan gigi.

13. Gunakan pencabut gigi

Anda dapat menggunakan pencabut gigi untuk menghilangkan karang gigi yang  sudah parah, keras dan membandel.

14. Buah yang mengandung Vitamin C

Perbanyak mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, tomat, stroberi dan lainnya, karena vitamin c sangat penting untuk kesehatan mulut dan dapat membantu menghilangkan plak dan merontokan karang gigi.

15. Makan Makanan Pedas

Jika Anda penggemar makanan Pedas, Anda beruntung. Menurut para ahli ilmuwan gigi, mengkonsumsi makanan pedas sangat bagus untuk mengurangi kadar plak dan karang gigi di mulut.

16. Cuka Apel

Cuka apel juga terbukti efektif menghilangkan karang gigi. Yang harus Anda lakukan adalah merendam sikat gigi dengan cuka apel dan menyikat gigi seperti biasa. Kemudian bilas rongga mulut dengan berkumur dengan air untuk mencegah kerusakan pada email gigi.

17. Makan apel atau melon

Mengunyah apel atau buah melon setelah makan dapat membantu menghilangkan plak secara alami dan efektif. Buah-buahan ini dapat membersihkan dan menghilangkan sisa makanan yang menyebabkan karang gigi, selain itu juga dapat menjaga kesehatan gusi.

18. Cengkeh

Cengkeh sering digunakan sebagai obat sakit gigi sejak jaman dahulu. Selain itu cengkeh dipercaya dapat menghilangkan mikroba di mulut yang menyebabkan karang gigi. Caranya haluskan cengkeh sampai menjadi bubuk dan tambahkan minyak zaitun ke dalamnya. Oleskan campuran bahan tersebut pada gigi Anda, biarkan selama beberapa menit dan kemudian berkumur dengan air hangat untuk membersihkan.

19. Daun jambu biji

Jambu biji diketahui dapat mengatasi masalah pada gusi karena memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi pembengkakan dan rasa sakit pada gusi. Caranya cukup cuci beberapa daun jambu biji dan kemudian mengunyahnya.

20. Periksa Gigi

Periksa secara teratur ke dokter gigi untuk melakukan pembersihan gigi, ini termasuk cara untuk mencegah karang gigi.

Menghilangkan Karang Gigi Sendiri

Tips Lainnya Untuk Mencegah Karang Gigi

  • Gunakan sikat gigi yang berbahan halus untuk melindungi gusi dan memfasilitasi plak pada gigi.
  • Hindari merokok karena tembakau dapat menyebabkan penumpukan karang gigi di bawah gusi.
  • Hindari terlalu banyak makanan yang terbuat dari tepung dan gula. Karena makanan dengan bahan ini dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri di mulut yang menyebabkan karang gigi.
  • Berkumur setiap habis makan untuk membersihkan partikel makanan di mulut dan sela gigi, karena hal ini dapat membuat tumpukan kotoran atau plak pada gigi.
Demikian tentang pencegahan dan cara menghilangkan karang gigi dan plak yang mungkin bermanfaat buat anda. Terimakasih..
Gigi Kesehatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel