13 Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan

13 Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan
13 Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan | Kecombrang dalam bahasa sunda yaitu combrang atau sering disebut juga honje, kincung, siantan dan kecicang yang merupakan jenis rempah berbentuk batang panjang dan memiliki bunga dengan warna merah ini seringkali digunakan untuk campuran bumbu masakan dan juga bisa direbus untuk lalapan. Sebenarnya rasa bunga kecombrang ini sangat nikmat dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, namun bagi orang yang belum pernah memakannya maka rasanya tidak enak dan berbau aneh.

Dalam bunga kecombrang juga mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan seperti magnesium, zinc, potasium, fosfor, zat besi, kalsium, protein, serat, karbohidrat dan berbagai vitamin serta mineral. Disini saya akan mengulas secara lengkap berbagai manfaat kecombrang untuk kesehatan terutama dari bagian daun bunga dan batangnya yang baik bagi tubuh kita.

13 Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan

1. Menjaga stamina

Jika energi Tubuh anda tidak bersemangat dan lelah? Cobalah makan sayur kecombrang setiap pagi. Sayur ini dapat memberikan asupan energi bagi kesehatan tubuh anda.

2. Mentralkan Asam Lambung

Mengonsumsi bunga kecombrang bermanfaat untuk menyembuhkan sakit perut akibat asam di lambung.

Kandungan di dalam kecombrang dapat membantu menetralkan asam di lambung. Namun, Anda juga harus tetap menjaga pola makan yang sehat. Tidak makan terlalu pedas atau terlalu asam.

3. Mengobati penyakit campak

Salah satu cara mengobati campak secara tradisional adalah menggunakan bunga kecombrang.

4. Menghilangkan bau badan

Bunga kecombrang mengandung beberapa zat penting yang mampu mengatasi bau keringat tak sedap, terutama disebabkan karena adanya kandungan minyak atsiri yang ada di dalamnya. Jadi, bahan alami ini dapat dimanfaatkan sebagai deodoran alami.

5. Mengobati anemia

Penyakit kurang darah dapat di obati dengan mengkonsumsi bunga kecombrang dengan teratur. Hal ini disebabkan zat besi yang berlimpah dalam tanaman ini.

6. Melancarkan sirkulasi darah

Nutrisi dalam daun kecombrang ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh kita.

7. Menguatkan tulang 

Sayur bunga kecombrang baik dikonsumsi oleh anak-anak di usia pertumbuhan, karena kalsium dan mineral lain di dalam daunnya dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Dengan makan sayur kecombrang ini secara rutin, daapat bermanfaat untuk mencegah tulang keropos (osteoporosis)

8. Mengatasi luka baru

Batang kecombrang memiliki sifat antimikroba, yang memiliki manfaat untuk mencegah infeksi pada luka. Caranya, tumbuk daun ini kemudian terapkan pada luka di kulit.

9. Menguatkan memori

Dengan sering menambahkan daun kecombrang ke dalam masakan anda, sangat berkhasiat untuk menjaga fungsi otak sehingga daya ingat akan meningkat.

10. Menguatkan gigi

Kalsium dalam kecombrang merupakan mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan gigi yang kuat dan sehat.

11. Mencegah dehidrasi

Kekurang cairan dalam tubuh dapat dicegah dengan manfaat mengkonsumsi sayur kecombrang. Hal ini terkait kadar air dan mineral yang melimpah di dalamnya.

12. Menurunkan demam

Bunga kecombrang ternyata bermanfaat untuk meredakan demam dan panas pad anak-anak.

13. Melancarkan Asi

Selain untuk promil ketika ibu hamil, Bunga kecombrang juga memiliki manfaat untuk melancarkan asi. Ibu menyusui yang mengkonsumsi bunga kecombrang, baik sebagai rempah maupun diolah menjadi lalapan, dapat meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui.
Itulah beberapa manfaat kecombrang untuk kesehatan yang bisa kita jadikan obat tradisional alami tanpa efek samping. Terimakasih
Herbal Alami Kesehatan Manfaat Daun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel