5 Cara Mencegah Penuaan Dini Paling Efektif

5 Cara Mencegah Penuaan Dini Paling Efektif
5 Cara Mencegah Penuaan Dini Paling Efektif

Mencegah penuaan dini adalah hal yang sangat mungkin dilakukan. Alasannya karena penuaan yang sebetulnya merupakan proses alami yang terjadi pada setiap manusia seharusnya memang berjalan pada waktunya. Sayangnya yang kerap kali terjadi adalah tidak sedikit orang yang menua sebelum waktunya. Sehingga ketika kita melihat orang tersebut maka kita mungkin dapat menebak usianya yang justru lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Istilah penuaan dini adalah mereka menua sebelum waktunya. Mulai dari terlihatnya kerutan di wajah, gigi yang sudah mulai tanggal, rambut yang sudah mulai rontok, tulang yang sudah keropos, dan berbagai gejala penuaan lainnya. Gejala-gejala yang seharusnya terjadi pada mereka yang memang sudah berusia lanjut.

Apakah penuaan dini bisa diobati? Tentu saja, kita bisa mencegahnya sebelum terjadi dengan melakukan perawatan yang bisa anda lakukan sendiri. Oleh karena itu sebelum terlambat Anda bisa melakukan tips-tips dibawah ini sebagai Cara yang efektif untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini.

Cara Mencegah Penuaan Dini 

1. Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Wajah adalah salah satu bagian yang lebih sangat tampak ketika mengalami penuaan dini. Menjaga kebersihan kulit wajah adalah salah satu cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penuaan dini ini. Membersihkan wajah sebelum tidur sangat efektif untuk membersihkan kulit dari debu, kotoran, keringat hingga sisa-sisa make up yang menempel di kulit.

Jika kulit kita bersih maka regenerasi sel-sel kulit rusak termasuk kulit wajah dapat berjalan lebih efektif. Dengan begitu wajah selalu memiliki kesempatan untuk melakukan peremajaan kulit. Dengan kulit wajah yang bersih maksimal secara otomatis menjadikan proses peremajaan kulit menjadi lebih efektif. Jangan lupa untuk selalu melakukan gerakan menarik ke atas dalam setiap treatment yang Anda lakukan pada wajah Anda. Hasilnya Anda bisa mencegah penuaan dini pada kulit wajah Anda.

2. Menyikat Gigi Sebelum Tidur

Gigi adalah salah satu bagian yang menunjang wajah untuk membuat Anda terlihat menarik. Gigi yang sehat dan lengkap juga membuat Anda nampak awet muda. Sebaliknya gigi yang tanggal, keropos, rusak, berwarna kekuningan apalagi sampai mengeluarkan bau tak sedap tentu sangat mengganggu penampilan Anda. Itulah sebabnya lakukanlah sikat gigi sebelum tidur sebagai bentuk perawatan untuk mencegah penuaan dini.

Gigi yang terawat membuat Anda tampil percaya diri. Dengan begitu Anda bisa tetap happy dan terhindar dari penuaan dini. Tentu Anda tidak ingin terihat lebih tua dari usia Anda sebenarnya bukan? Oleh karena itu lakukan kebiasaan ini dari sekarang. Bila perlu periksa dan lakukan perawatan gigi jika gigi Anda bermasalah agar segera mendapatkan penanganan yang cepat sebelum bertambah parah.

3. Menggunakan Krim Malam

Krim malam yang baik biasanya memiliki kandungan pelembab untuk wajah yang akan menjagakelembaban kulit Anda ketika Anda tidur di malam hari. Menjadi perlu karena malam hari tubuh berhenti beraktivitas termasuk dalam menjaga kandungan air dalam tubuh. Hasilnya kerap kali membuat kulit menjadi kering akibat kekurangan cairan.

Kulit yang kering sangat mungkin untuk membentuk kerutan-kerutan baik pada wajah atau bagian kulit lainnya. Kerutan pada wajah adalah salah satu gejala dari penuaan dini yang hampir dialami banyak orang. Itulah sebabnya menggunakan krim malam dapat membantu Anda untuk dapat mencegah penuaan dini.

4. Menggunakan Masker

Penggunaan masker yang dianjurkan dalah masker yang dibuat dengan menggunakan bahan alami. Selain lebih aman tentu bebas dari efek samping dan lebih ekonomis untuk digunakan setiap malam. Kandungan baik pada masker alami yang Anda kenakan membantu memberi nutrisi pada kulit. Mulai dari menjaga elastisitas kulit, melembabkan, membunuh bakteri, hingga mencerahkan kulit.

Proses masker yang dilakukan pada malam hari akan menghasilkan hasil yang lebih efektif karena proses maskering menjadi lebih lama. Dengan begitu kandungan-kandungan penting yang bermanfaat untuk kulit pada masker alami tersebut dapat bekerja ebih efektif. Hasilnya kebiasaan masker di malam hari juga dapat mencegah penuaan dini.

5. Mencegah Penuaan Dini

Perbanyak mengkonsumsi air putih untuk menjaga kelembapan kulit dan elastisitas kulit. Pun dengan buah-buahan dan sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Tidak hanya sayuran dan buah yang kaya serat tapi juga vitamin yang bermanfaat untuk proses peremajaan kulit, membuang racun dan berbagai zat kimia berbahaya yang masuk ke tubuh.

Selain itu kandungan antioksidan juga tak kalah penting untuk mencegah radikal bebas yang juga dapat berakibat terjadinya penuaan dini. Apalagi jika Anda bekerja di lingkungan ber AC dan beraktivitas di lingkungan yang memiliki tingkat polusi yang tinggi. Asupan yang tepat dapat membantu Anda mennyukseskan upaya untuk mencegah penuaan dini.

Itulah beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan sehari-hari untuk mencegah penuaan dini. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga gaya hidup sehat seperti berolah raga dan jaga pikiran untuk selalu optimis dan berpikir positif dalam setiap masalah yang dihadapi. Jika semuanya Anda jalankan niscaya Anda dapat mencegah penuaan dini dari sekarang. Kecantikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel