Berapakah Berat Badan Bayi Yang Normal Menurut Usianya?


Berapakah Berat Badan Bayi Yang Normal Menurut Usianya?
Berat Badan Bayi Yang Normal

Berat Badan Bayi Yang Normal Menurut Usianya | Seorang bayi masih membutuhkan perhatian khusus. Hal ini dikarenakan bayi masih sangat rentan terhadap berbagai hal yang ada di dunia termasuk makanan dan asupan gizi pada bayi. Makanan dan asupan gizi atau ASI yang diberikan pada bayi akan sangat mempengaruhi perkembangan pada bayi. Berat badan bayi juga akan mempengaruhi kesehatannya. Tumbuh kembang seorang bayi harus benar-benar diperhatikan oleh orang tuanya. Hal wajib untuk orang tua bayi adalah terus mengontrol perkembangan berat badan bayi dari mulai usia 1 bulan sampai 3 tahun. Anda juga harus mengetahui, berapakah berat badan bayi yang normal menurut usianya.

Disini saya akan menjelaskan semuanya untuk bunda. Berikut ini telah dirangkum tentang berat badan bayi yang normal dan seimbang menurut perkembangan usianya.

Berat Badan Bayi Yang Normal Menurut Usianya

1. Berat Badan Bayi Usia 1 bulan – 2 bulan

Bayi pada rentang usia ini berat badannya harus bisa naik secara signifikan. Ini karena sang bayi telah mendapatkan asupan nutrisi dari sang Ibu berupa ASI. Namun untuk normalnya, berat bayi pada usia ini sekitar 3,4 kg – 5 kg.

2. Berat Badan Bayi Usia 1 bulan – 5 bulan

Bayi pada usia ini bisa dibilang normal jika mengalami kenaikan berat badan tiap bulan sekitar 600 gram – 700 gram. Jika Anda mendapati bayi Anda memiliki berat badan yang tidak seperti seharusnya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

3. Berat Badan Bayi Usia 6 bulan

Berat badan bayi saat ia mencapai usia 6 bulan adalah 5,9 kg sampai 7,4 kg. Jika Anda melihat usia sebelumnya, beratnya hanya akan naik sebesar 400 gram sampai 500 gram. Ini terjadi karena aktivitas bayi sudah mulai banyak, perkembangan berat badan bayi juga semakin sedikit, dan asupan makanan mulai diubah menjadi makanan yang lebih berenergi.
Beri nutrisi yang tepat untuk mendapatkan  berat badan bayi yang normal.

4. Berat Badan Bayi Usia 7 bulan – 12 bulan

Di usia ini berat badan bayi akan semakin sulit bertambah. Meskipun begitu, sang Ibu juga harus tetap memberikan asupan makanan bergizi dan membuat yang bayi tidak susah makan. Pada rentang usia ini, setidaknya bayi harus mengalami kenaikan berat badan sebesar 200 gram sampai 300 gram agar berat bayi normal. Tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu gemuk.

5. Berat Badan Bayi Usia di atas satu tahun

Saat bayi mulai menginjak usia satu tahun lebih, asupan makanannya pun juga berubah. Tidak hanya berasal dari ASI, tetapi juga mulai memberikan makanan sehari-hari yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Berat badan bayi usia 1 tahun 3 bulan normalnya 8,5 kg – 10,6 kg, usia 1 tahun 6 bulan normalnya 9 kg – 11,3 kg, dan usia 1 tahun 9 bulan berat badan bayi ideal adalah 9,5 kg – 11,9 kg.

6. Berat Badan Bayi Usia 2 tahun

Bayi usia 2 tahun dikatakan normal jika memiliki berat badan antara 9 kg sampai 12,4 kg. Untuk bayi di usia ini, bisa dikatakan normal jika berat badannya terus bertambah sebanyak 400 gram – 500 gram setiap 3 bulan sekali.

7.Berat Badan Bayi Usia 3 tahun

Nah, bayi pada usia 3 tahun sudah mulai bisa bermain sendiri dan secara otomatis aktivitasnya juga semakin bertambah. Kenaikan berat badannya pun juga akan semakin susah. Di usia satu tahun ke atas, menjadi tugas berat bagi sang Ibu untuk tetap menjaga kenaikan berat badan bayi yang normal, hingga 400 gram sampai 500 gram setiap 3 bulan sekali.

Dengan begitu untuk Anda para ibu atau calon para ibu bisa mengetahui berat badan bayi yang normal menurut usia. Otomatis Anda juga harus terus menjaga asupan Anda dan juga bayi Anda untuk perkembangan berat badan bayi normal menurut umurnya.

0 Response to "Berapakah Berat Badan Bayi Yang Normal Menurut Usianya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel