5 Cara Memakai Lipstik Agar Tahan Lama dan Awet Seharian

5 Cara Memakai Lipstik Agar Tahan Lama dan Awet Seharian
5 Cara Memakai Lipstik Agar Tahan Lama dan Awet Seharian

Cara Memakai Lipstik Agar Tahan Lama dan Awet Seharian - Lipstik adalah produk kosmetik yang memang dirancang untuk memberikan warna pada bibir. Wanita identik dengan penggunaan kosmetik pewarna bibir atau lipstik ini. Salah satu jenis make up andalan wanita ini akan membuat bibir tampak lebih segar hanya dengan satu sapuan saja. Selain itu, lipstik ini juga akan menghilangkan kesan pucat pada bibir.

Sebagian besar wanita telah mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan lipstik pada bibir. Namun, hanya sebagian kecil wanita yang mengetahui cara memakai lipstik yang benar agar tahan lama dan awet seharian. Penggunaan lipstik yang salah akan membuat lipstik tidak tahan lama dan cepat luntur.

Ketahuilah Cara Memakai Lipstik Agar Tahan Lama Seharian Dalam Ulasan Berikut Ini.

1. Gunakan Lip Balm Sebelum Mengoleskan Lipstik ke Bibir Anda

Bagi anda yang memiliki jenis kulit yang kering, ketahuilah cara menggunakan lip balm dan gunakanlah pelembab bibir tersebut untuk melembabkan bibir anda sebelum menggunakan lipstik. Mengapa perlu untuk menggunakan lip balm terlebih dahulu? Penggunaan lip balm ini dimaksudkan untuk membuat tekstur bibir lebih lembab dan halus.

Lip balm ini akan membuat bibir anda lembab lebih lama dan mencegah bibir anda mengalami kekeringan dan pecah-pecah. Bibir yang lembab menandakan bibir yang sehat. Lipstik akan tahan lama dan awet seharian pada bibir yang sehat. Selain itu, bibir yang lembab akan membuat pengaplikasian lipstik lebih matte dan mulus.

Berikut ini adalah cara menggunakan lip balm untuk membuat lipstik yang tahan lama:

  • Oleskan lip balm ke bibir anda.
  • Kemudian biarkan beberapa menit (2-3 menit) agar lip balm lebih meresap kedalam bibir. Anda bisa melakukan riasan di daerah wajah anda lainnya.
  • Setelah lip balm kering dan nutrisinya meresap ke dalam bibir, hapuslah lip balm tersebut menggunakan tisu atau cutton bud.
  • Jangan sampai ada sisa lip balm yang tertingga karena akan membuat lipstik tidak menempel dengan baik.

2. Pakai Foundation atau Bedak Tabur Agar Lipstik Tahan Lama

Mungkin anda sedikit bingung dan bertanya-tanya apakah benar foundation dan bedak tabur bisa digunakan agar lipstik di bibir tahan lama seharian padahal anda biasanya hanya menggunakan pada wajah dan leher saja? Pasalnya penggunaan bedak bisa diaplikasikan sebelum penggunaan lipstik pada bibir.

Salah satu cara memakai lipstik agar tahan lama di bibir adalah dengan penggunaan foundation (alas bedak) dan bedak tabur sebelum menggunakan kosmetik pewarna bibir tersebut. Keuntungan bisa anda dapatkan bagi anda yang memiliki warna bibir gelap, penggunaan foundation atau bedak tabur dapat memperjelas warna lipstik yang anda pakai.

Anda bisa menggunakan spons untuk mengaplikasikan bedak ke bibir anda sebelum memakai lipstik. Anda juga bisa mengoleskan bedak pada bibir saat anda memakai foundation untuk wajah. Foundation (alas bedak) dan bedak tabur disini juga berguna untuk menutupi garis-garis celah pada bibir anda.

Berikut ini adalah cara memilih foundation untuk tips lipstik tahan lama di bibir yang sesuai dengan jenis bibir anda:

  • Sheer foundation dan Stick Foundation untuk jenis bibir normal.
  • Oil-based foundation, Mousse Foundation, dan Cream Foundation untuk jenis bibir kering.
  • Matte Foundation dan Powder Foundation untuk bibir berminyak.
  • Liquid foundation, Spray Foundation, Two way Cake, dan Tinted Moisturizer untuk segala jenis kulit.

3. Gunakan Tisu Agar Lipstik Tahan Lama Dan Tidak Mudah Luntur 

Cara menggunakan lipstik agar tahan lama seharian di bibir, anda bisa menggunakan selembar tisu. Tisu digunakan untuk mempertahankan pigmen warna lipstik pada bibir dengan cara menyerap kandungan minyak. Cara memakai lipstik yang tahan lama supaya awet adalah letakan tisu diantara kedua bibir anda untuk menyerap minyak pada lipstik.

Hellua Puspoyo seorang pakar kecantikan, dalam www.cnnindonesia.com, menyatakan bahwa pilihlah lipstik glossy atau matte, hal itu tergantung pilihan anda. Kemudian, ambil selembar tisu dan tempelkanlah ke daerah bibir. Tisu ini akan mengangkat sisa lipstik yang tidak dibutuhkan pada bibir. Namun, cukup hanya tempelkan saja, tidak perlu diseka.

Kemudian, oleskan kembali lipstik dengan warna yang sama pada bibir. Hal ini akan membuat dua layer lipstik pada bibir dan membuat lipstik menjadi tahan lama. Selain itu akan membuat lipstik menempel lebih sempurna. Anda juga bisa mengganti tisu dengan blotting paper jika anda menggunakan lipstik jenis glossy. Blotting paper yang biasanya digunakan pada wajah bisa digunakan pada bibir untuk menyerap minyak berlebih akibat efek pemakaian lipstik glossy ini.

4. Pakai Pensil Bibir atau Lip Liner Agar Lipstik Lebih Awet Seharian

Jika anda menginginkan lipstik yang lebih tahan lama, gunakanlah pensil bibir atau lip liner untuk cara memakai lipstik yang baik dan benar. Menurut Hellua Puspoyo, pakar kecantikan, gunakanlah lip liner terlebih dahulu, kemudian oleskan lipstiknya. Lip liner atau pensil bibir ini digunakan untuk membentuk garis bibir sebelum dipulaskan lipstik agar bibir terlihat sempurna. Formula dalam pensil bibir akan membuat lipstik anda tahan lama seharian dan membuat bibir anda tampak penuh.

Berikut ini adalah cara menggunakan lip liner atau pensil bibir agar lipstik tahan lama:

  • Gunakan lip liner atau pensil bibir untuk menggambar garis bibir sehingga bibir terlihat sempurna.
  • Lip liner atau pensil bibir digunakan mulai dari tengah atas bibir mengikuti garis bibir.
  • Jika anda menginginkan bibir yang kelihatan kecil, lukislah di bagian dalam bibir saat menggunakan lip liner. Namun, jika anda menyukai kesan bibir tebal, gambarlah lip liner dibagian luar bibir.

5. Hindari Penggunaan Lipstik Glossy yang tidak awet di Bibir

Lipstik glossy atau Sheer Lipstik memang memberikan kesan basah, mengkilap, mewah, elegan, dan glamour pada bibir. Pewarna bibir jenis ini juga cocok untuk digunakan oleh anda yang memiliki bibir mungil karena memberikan efek kesan penuh. Lipstik ini juga bisa memberikan kelembaban pada bibir anda karena minyak dan lemak yang dikandungnya. Namun, lipstik ini memiliki kekurangan yaitu mudah luntur, hilang, dan tidak tahan lama.

Hal itu disebabkan karena lipstik glossy memiliki kandungan lemak dan minyak lebih banyak sehingga akan membuatnya cepat hilang. Anda harus selalu touch up lipstik tiap kali anda menggunakan lipstik jenis ini. Oleh karena itu, anda tidak boleh ketinggalan make up pouch anda. Anda juga bisa mempraktekkan poin 1,2,3, dan 4 jika anda memang ingin menggunakan lipstik glossy tapi tetap awet dan tahan lama.

Kelima tips-tips diatas adalah cara memakai lipstik agar tahan lama seharian. Anda bisa melakukan salah satu atau semua tips diatas untuk membuat lipstik anda awet tahan lama dan tidak mudah luntur. Kini anda tidak perlu khawatir lagi bibir merah anda akan pucat dan tidak segar karena lipstik yang anda pakai luntur. Kecantikan Kosmetik Perawatan Bibir

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel