7 Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

7 Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami
7 Penyebab Bibir Kering Dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering - Masalah bibir kering dan pecah-pecah kerap kali sering terjadi. Apalagi di Indonesia dengan iklim tropisnya dapat membuat bibir anda cepat mengalami kekeringan. Bagi anda yang sangat mengagungkan penampilan, bibir kering menjadi momok yang cukup menakutkan. Kekeringan pada bibir sangat merusak penampilan dan mengurangi kesan seksi pada bibir. Bibir kering juga dapat lebih lanjut menimbulkan rasa perih, bibir terbelah, dan pendarahan. Penyebab bibir kering adalah ada pada pola hidup yang anda aplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Penyebab kekeringan ini juga bisa jadi diakibatkan cuaca yang kering seperti pada musim dingin. Namun, kekeringan dan pecah-pecah pada bibir juga bisa disebabkan oleh penyakit Cheilitis yang sering muncul disudut bibir. Mungkin kini ada juga sebagian dari anda yang telah melakukan banyak pengobatan dengan bahan alami untuk mengatasi bibir kering. Namun, masalah ini belum kunjung mereda.

Ketahuilah penyebab bibir kering dan cara mengatasinya agar anda dapat melakukan pencegahan lebih dini. Lantas apa sih sebenarnya penyebab bibir kering yang kita alami? Anda bisa mengetahuinya lebih lanjut penyebab dan cara mengatasi bibir kering pada ulasan berikut ini.

Penyebab Bibir Kering

1. Dehidrasi Akibat Kurangnya Konsumsi Air Putih dapat Menyebabkan Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Jika bibir anda kering, hal itu merupakan tanda bahwa tubuh anda tidak terhidrasi oleh konsumsi air mineral yang cukup per harinya. Kurangnya konsumsi air putih merupakan penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Tahukah anda bahwa 55%-60% berat badan pria dewasa adalah air sedangkan 50%-60% berat badan anak-anak dan orang dewasa adalah air.

Air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia. Apa yang terjadi jika komponen utama tersebut tidak terpenuhi oleh konsumsi air putih yang cukup? Kulit bibir akan mengalami kekeringan. Karena alasan itulah, anda membutuhkan air minimal 8-12 gelas perhari agar bibir anda tidak kering.

Jika anda tidak mengonsumsi air dengan jumlah yang cukup, bibir akan kehilangan elastisitas dan kekenyalannya. Hal itu disebabkan karena bibir tidak terhidrasi oleh air sehingga akan mengalami dehidrasi. Terhidrasinya tubuh termasuk organ-organ tubuh dengan baik, akan menghindarkan bibir kering dan pecah-pecah.

Namun yang juga perlu anda perhatikan, jangan mengonsumsi air dalam jumlah yang berlebihan karena akan merusak ginjal dan pencernaan. Konsistenlah dalam meminum air putih yaitu hanya 1 gelas tiap jam nya.

2. Kekurangan Gizi dan Nutrisi

Bibir kering salah satunya bisa disebabkan oleh asupan nutrisi dan gizi yang kurang ke tubuh anda. Kekurangan zat-zat tersebut merupakan penyebab bibir kering. Nutrisi yang dibutuhkan untuk menghindarkan bibir kering adalah vitamin B, zat besi, dan asam lemak essensial. Selain itu, vitamin C juga memiliki fungsi untuk melembabkan bibir dan menjaga kesegaran pada bibir.

Kandungan nutrisi tersebut bisa menghindarkan bibir anda dari kekeringan dan pecah-pecah pada sudut bibir. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandungnya atau dari multivitamin, suplemen, dan mineral. Namun, anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi multivitamin, suplemen, dan mineral tersebut.

Jika anda malas bertemu dokter, anda bisa menggunakan masker untuk bibir yang terbuat dari bahan-bahan alami, misalnya buah. Pilihlah buah yang mengandung nutrisi-nutrisi yang tadi disebutkan untuk dijadikan masker yang berfungsi menghindarkan kekeringan pada bibir anda. Masker ini juga akan membantu menjaga kecantikan bibir anda.

3. Cuaca yang dingin, kering, dan berangin merupakan Salah Satu Faktor Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Cuaca yang kering dan dingin akan membuat perbedaan suhu siang dan malam yang signifikan. Di lain kasus, anda mungkin sedang melakukan perjalanan liburan ke daerah atau negara yang memiliki suhu yang dingin. Cuaca yang dingin dan kelembaban udara yang rendah merupakan dua faktor tubuh anda mengalami dehidrasi dan bibir kering. Cuaca semacam itu merupakan penyebab bibir pecah pecah.

Berikut ini adalah cara melembabkan bibir saat cuaca dingin:

  • Untuk mengatasi bibir kering karena cuaca yang dingin, gunakanlah lip balm yang tepat dan cocok untuk jenis kulit anda. Pilihlah Lip Balm yang tidak mengandung pengharum dan pewarna. Zat kimia tersebut malah akan menyebabkan Cheilosis atau inflamasi pada ujung bibir.
  • Kemudian hindari menjilati bibir dengan harpan membuat bibir anda lebih basah dan lembab. Faktanya menjilati bibir malah akan membuat bibir anda semakin kering di cuaca dingin.
  • Hindarilah makanan yang manis, pedas, dan asin berlebihan. Makanan ini malah akan memperparah kondisi bibir kering anda.
  • Diamlah di dalam ruangan saat cuaca mulai dingin. Misalnya mengganti olahraga di luar rumah dengan fitness dan aerobic didalam ruangan.

4. Penggunaan Pasta Gigi yang Tidak Tepat juga Penyebab Bibir Anda Kering, Pecah, dan Gatal

Ternyata penggunaan pasta gigi yang anda gunakan sehari-hari juga merupakan penyebab bibir kering, lho. Banyak dari anda tidak memerhatikan kandungan dan jenis pasta gigi yang anda gunakan. Apakah anda mengetahui bahwa bibir anda tidak memiliki pelumas alami yang dapat menjadikan bagian itu lembab. Namun, pasta gigi yang memiliki efek dingin dan menutup permukaan bibir dapat menyebabkan bibir menjadi kering.

Selain itu, pasta gigi juga mengandung detergen yang dapat memberikan efek kering pada bibir. Detergen yang bertujuan untuk membuat busa yang melimpah agar tidak ada flak dan warna kekuningan pada gigi malah memberikan efek buruk pada bibir anda. Efek buruk yang diberikan pada bibir oleh detergen adalah bibir pecah-pecah dan luka pada bibir dengan pendarahan.

Selain itu, pasta gigi yang mengandung flourida dan sodium lauryl sulphate dapat menyebabkan bibir anda menjadi kering dan pecah-pecah. Mulai sekarang gunakanlah pasta gigi yang bebas florida karena jenis pembersih gigi ini malah akan mengangkat sel-sel kulit yang mati pada bibir dan memberikan warna merah pada bibir. Anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang bebas detergen, misalnya memilih pasta gigi untuk gigi sensitif.

5. Bernafas Lewat Mulut Merupakan Pemicu Kekeringan pada Bibir

Bernafas lewat mulut dapat terjadi ketika anda mengalami flu dan pilek. Namun apakah anda tahu faktanya, bernafas lewat mulut merupakan penyebab bibir menjadi kering, bahkan bibir pecah-pecah. Bernafas lewat mulut juga dapat membuat celah merah pada bibir anda.

Penjelasan lebih jauh bahwa udara nafas dari mulut akan membawa setidaknya sedikit liur yang mengandung enzim digunakan untuk mencerna makanan. Sekarang apa yang akan terjadi jika enzim pencerna dan penghancur makanan tersebut mengenai bibir anda?

Enzim tersebut akan mengikis bibir anda yang tipis. Mulai sekarang, bernafaslah lewat hidung. Karena selain hidung memiliki saringan untuk mencegah kotoran dan bakteri dari udara masuk ke tubuh, bernafas lewat hidung juga tidak akan memberikan efek kering pada bibir anda.

6. Menjilati Bibir adalah Cara yang Salah untuk Melembabkan Bibir Malah Membuatnya Menjadi Kering

Ketika bibir anda mengalami kekeringan, anda tidak sadar menjilati dan membasahi bibir anda dengan harapan akan melembabkan bibir yang kering. Hal itu salah besar. Air liur yang digunakan untuk membasahi bibir dapat menyebabkan penguapan pada bibir yang membuat bibir semakin kering daripada sebelumnya.

Selain itu, air liur manusia juga mengandung enzim-enzim pencernaan, seperti amylase, alfa-amilase, lingual lipase, lisozim, dll yang merupakan enzim untuk mencerna dan menghancurkan makanan dalam tubuh. Apa yang terjadi jika enzim pencerna dan penghancur tersebut mengenai bibir anda? Anda sudah tahu jawabannya.

Menggigiti bibir juga akan merusak lapisan pelindung pada bibir yang malah membuat bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, hindarilah penggunaan lip Balm yang menggunakan perasa karena akan membuat anda menjilati dan menggigit bibir lebih sering.

7. Penggunaan Lipstick Matte yang Salah  Malah Membuat Bibir Menjadi Kering

Lipstik matte adalah lipstick yang tidak memberikan efek glossy ketika dipoles di bibir. Namun, lipstick matte memiliki kekurangan pada jenis kulit bibir yang cenderung kering. Lipstik jenis ini jika digunakan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Hal itu disebabkan oleh kandungan pigmentasi yang dikandung dalam lipstick jenis ini. Kandungan lipstick matte juga dapat membuat bibir hitam karena jarang dibersihkan ketika hendak tidur.

Berikut ini adalah tips – tips mengatasi bibir kering namun masih bisa menggunakan lipstick matte:

  • Jika anda tidak menginginkan bibir anda menjadi kering, pilihlah lipstick matte yang mengandung vitamin dan Jojoba Oil.
  • Selain itu, gunakanlah petroleum Jelly dan lip Balm sebelum menggunakan Lipstik matte ini.
  • Cara melembabkan bibir lainnya yang bisa anda lakukan adalah gunakanlah scrub khusus bibir 2-3 kali dalam seminggu.

Cara Mengatasi Bibir Kering
 

7 Penyebab Bibir Kering Dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Bibir merupakan bagian yang paling sensitif tubuh anda. Dalam bibir terdapat humektan yang menarik kelembaban dari bibir anda. Tapi faktanya tanpa sadar anda malah justru menjilati bibir anda yang efeknya malah berbanding terbalik dengan harapan anda membuat bibir tetap basah. Akhirnya, anda menjadi panik mengapa bibir malah menjadi kering.

Jika hal itu dibiarkan terus menerus bibir anda bisa pecah - pecah, terluka dan berdarah, atau bahkan dapat terkena infeksi jika sudah terlalu parah. Anda tidak mau kan hal itu sampai terjadi? Kemudian anda mulai mencari bagaimana cara perawatan bibir kering dan mengembalikan kelembabannya. Tidak perlu panik! Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara mengatasi bibir kering berikut ini agar bibir tetap segar, indah, dan cantik terhindar dari kekeringan.

1. Banyak Minum Air Putih Setiap Hari

Memperbanyak minum air putih adalah hal yang paling penting untuk mengatasi bibir kering dengan cepat dan alami. Air putih merupakan cara melembabkan bibir dengan alami. Mungkin meminum air terdengar gampang dan sepele, namun anda kadang-kadang lupa untuk meneguk air putih tersebut.

Anda tidak mau kan sampai dehidrasi dan bibir kering? Air membantu untuk membuat kulit selalu terhidrasi dan membuat kulit dan bibir tetap segar. Air menjaga kadar kelembaban dalam bibir sepanjang hari. Walau Anda sudah menggunakan berbagai cara untuk mengatasi bibir kering tapi tidak meminum banyak air putih, itu akan percuma saja.

Karena bibir kering akan selalu datang kembali jika anda tidak minum cukup air. Anda lebih baik minum banyak air putih di siang hari karena paparan matahari dapat membuat kerusakan pada bibir. Minumlah 8-12 perhari. Jika aktivitas terlalu sibuk, anda juga bisa membawanya dari rumah.

2. Jangan Menjilati Bibir Anda yang Membuat Bibir Malah Semakin Kering dan Rusak

Menjilati bibir adalah kesalahan terbesar saat bibir kering dan pecah-pecah. Mungkin anda menjilati bibir dengan maksud membuat bibir tetap basah dan menjaga kelembabannya. Tapi hal itu salah besar. Menjilati bibir dapat menyebabkan kelembaban dalam bibir menguap dan membuat bibir malah semakin kering.

Air liur memiliki enzim asam untuk mencerna dan memecah makanan. Bayangkan jika air liur itu membasahi bibir terus menerus. Enzim itu akan mengikis bibir yang memiliki jaringan yang sangat tipis. Menjilati bibir juga dapat menghilangkan minyak alami yang terdapat di dalam bibir. Menjilati bibir malah membuat bibir semakin rusak. Tidak menjilati bibir anda adalah cara mengatasi bibir pecah-pecah.

3. Pilih Lip Balm yang Cocok Untuk Mengatasi Bibir Kering

Lip Balm dapat membantu anda mengatasi bibir kering karena memang diperuntukan untuk mengikat kelembaban bibir. Lip balm ini bentuknya hampir sama seperti lipsgloss dan lipstick dengan tekstur yang berlemak. Bedanya Lip balm hanya diberi sedikit warna atau malah tidak berwarna sama sekali.

Namun, anda juga jangan salah memilih lip balm yang cocok untuk bibir. Sebaiknya anda memerhatikan kandungan lip balm nya karena itu merupakan hal yang cukup penting.

  • Sebisa mungkin jangan memilih lip balm yang memakai pewangi dan perasa. Karena hal itu memicu anda untuk menjilati lip balm tersebut dan malah membuat bibir anda semakin kering. Selain itu, pewangi dan perasa adalah zat tambahan yang malah memberikan efek buruk untuk bibir. Misalnya perasa sitrus justru malah membuat bibir menjadi terbakar.
  • Lip balm yang mengandung fenol dan peppermint sebaiknya dihindari. Walaupun dua zat tersebut berfungsi untuk mengelupas bibir anda yang kering tapi malah menarik kelembaban yang ada di bibir.
  • Hindarilah lip balm yang mengandung asam salisilat, mentol, tawas, dan, champora. Walaupun memberi sensasi yang menyenangkan di bibir, kandungan tersebut cepat membuat bibir kembali mengering dan sangat tidak efektif untuk jangka panjang. Lip balm memang merupakan cara melembabkan bibir, akan tetapi anda juga harus memerhatikan kandungan-kandungan didalamnya. Anda juga dapat memilih lipstick untuk bibir kering untuk menghindari bibir kering.

4. Anda Dapat Mengatasi Bibir Kering Secara Alami Dengan Mentimun

Mentimun memiliki kandungan yang bisa mengatasi bibir keringmu, lho. Kandungan yang paling sering ditemukan dalam mentimun adalah air. Air bisa membuat bibir anda selalu terhidrasi, memberikan efek kenyal, mempertahankan elastisistas kulit bibir anda, dan mencegah bibir kering, perih, dan gatal-gatal.

Kandungan lainnya dalam mentimun untuk mengatasi bibir kering adalah vitamin A. Vitamin A memiliki efek antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kekeringan pada bibir. Selain itu, kandungan vitamin B1 dalam buah ini berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dan cairan lainnya dalam tubuh sehingga kekeringan pada bibir tidak akan terjadi.

Vitamin lainnya yang juga bermanfaat mengatasi kekeringan pada bibir adalah vitamin C. Vitamin ini akan membantu membentuk kolagen dimana struktur proteinnya adalah pembentuk struktur kulit bibir anda.

Anda bisa menggunakan mentimun untuk mengatasi bibir kering, 2 caranya adalah sebagai berikut:

Cara 1

  • Potong tipis-tipis mentimun
  • Taruh mentimun yang telah dipotong diatas bibir selama 15 menit.

Cara 2

  • Tumbuk 1-2 mentimun sampai halus.
  • Gunakan olahan mentimun itu sebagai masker di bibir anda.
  • Biarkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air bersih.
  • Anda bisa mencobanya sambil bersantai di rumah, membaca buku, atau menonton TV. Cara ini membuat kulit bibir tetap terhidrasi.

5. Mengatasi Bibir Kering Secara Alami Dengan Madu dan Gula

Madu mengandung vitamin C yang berkhasiat antioksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab bibir kering. Selain itu, kandungan dalam madu yang bersifat antioksidan untuk menangkal kekeringan pada kulit bibir adalah vitamin B. Khasiat lainnya dalam madu adalah antimikroba dan anti jamur yang dapat mencegah mikroba dan bakteri melakukan kerusakan lebih parah pada bibir yang kering.

Gula berfungsi untuk membuang sel-sel mati bibir sehingga bibir kembali menjadi lembut. Gula juga membuat bibir memiliki warna alami karena sirkulasi darah akan meningkat. Gula adalah Exfoliant yang baik. Ikuti cara dibawah ini untuk mengatasi bibir kering :

  • Campurkan 1 sendok the gula merah atau putih dengan 3 tetes minyak zaitun dan setengah sendok the madu. Tidak perlu diaduk-aduk.
  • Gosokan ramuan tersebut ke bibir anda dan pijat perlahan dengan gerakan melingkar dengan jari.
  • Tunggu hingga 5 menit. Bilas dengan air hangat.
  • Ulangi langkah diatas setiap hari. Namun, setelah bibir tidak kering lagi, lakukan dua kali seminggu agar bibir tetap halus dan lembut.

6. Minyak Jarak adalah Pelembab Terbaik dari Bahan Alami yang Dapat Membuat Bibir Lembab Sepanjang Hari

Kandungan Minyak jarak yang berguna untuk menjaga kesehatan bibir dan mampu mengatasi bibir kering. Selain itu, minyak jarak juga memiliki kandungan protein yaitu unsur pembentuk struktur bibir. Khasiat antibakteri dan antijamur dalam minyak ini juga memiliki fungsi untuk mencegah bakteri dan jamur menginfeksi bibir yang kering.

Kandungan yang juga bermanfaat untuk mengatasi bibir kering adalah omega 9. Kandungan ini berfungsi memberikan nutrisi pada bibir. Minyak jarak adalah pelumas dan pelembab alami terbaik untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

  • Minyak jarak dapat digunakan dengan cara mengoleskannya pada bibir kering tiga kali sehari untuk menjaga kelembaban bibir.
  • Andapun bisa mencampurnya dengan minyak zaitun untuk hasil yang maksimal.
  • Anda juga bisa mengganti lip balm anda dengan bahan alami minyak kelapa dan minyak jarak ini. Andapun bisa menggunakan ramuan ini sebelum tidur untuk menjaga kelembaban bibir sepanjang tidur.

7. Kelopak Bunga Mawar dapat Membuat Bibir Cantik dan Merona

Jika anda memiliki taman atau kebun dan menanam bunga mawar. Kelopak bunga mawar sangat bagus untuk kulit bibir karena mengandung Vitamin E. Kandungan vitamin A dalam bunga ini juga memiliki khasiat antioksidan untuk menghindarkan dari radikal bebas penyebab bibir menjadi kering.

Kandungan lainnya yang berkhasiat antioksidan adalah vitamin C. Vitamin ini juga memiliki fungsi yang sama dengan vitamin A untuk melembapkan dan mengatasi bibir kering. Kelopak mawarpun dapat membantu menjaga warna alami bibir. Kelopak mawar ini dapat dipadukan dengan susu yang mengandung asam laktat untuk membuang sel kulit mati.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Cuci kelopak bunga mawar sampai bersih.
  • Rendamlah 5 kelopak mawar di dalam susu selama 2-3 jam, sampai berbentuk seperti pasta.
  • Oleskan pasta ke bibir anda. Biarkan selama 20 menit.
  • Bilas dengan air.
  • Lakukan langkah berikut tiga kali dalam sehari, setiap hari dalam seminggu.

8. Mengatasi Bibir Kering Dengan Melindungi Bibir dengan Masker atau Kain Penutup Ketika Anda Melakukan Aktivitas di Siang Hari dengan Paparan Sinar Matahari Langsung

Anda harus menjauhi hal-hal yang dapat membuat bibir kering. Ketika anda berada di luar rumah di siang hari, mungkin anda menutupi kulit kaki dan tangan agar tidak terkena sinar matahari langsung, begitu juga dengan bibir. Di siang hari dengan paparan sinar matahari langsung anda bisa menggunakan masker untuk menutupi bibir anda.

Anda juga dapat mengenakan syal atau selendang favorit anda. Dengan cara itu, bibir yang hanya menghasilkan sedikit kelembaban menjadi cukup terlindungi. Perlindungan terhadap bibir adalah cara mengatasi bibir kering.

Dengan tips-tips diatas tadi, anda tidak usah khawatir akan bibir kering yang mengganggu penampilan. Anda bisa melakukan satu atau beberapa tips diatas untuk cara mengatasi bibir kering. Terimakasih. Kecantikan Perawatan Bibir

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel