6+ Tanaman Obat Tradisional Untuk Batuk Yang Ampuh, No.3 Ada di Dapur!

 6+ Tanaman Obat Tradisional Untuk Batuk Yang Ampuh, No.3 Ada di Dapur!
 6+ Tanaman Obat Tradisional Untuk Batuk Yang Ampuh, No.3 Ada di Dapur!

Obat Batuk Tradisional – Musim Hujan telah tiba. Yuph, Musim hujan memang salah satu anugrah dari Allah SWT yang mesti kita syukuri meskipun memang ketika hujan telah turun banyak aktivitas yang sedikit terganggu.

Selain itu hal yang perlu anda persiapkan ketika musim hujan tiba ialah dengan mempersiapkan kesehatan badan kita.

Salah satu penyakit yang sering menyerang tubuh anak-anak maupun orang dewasa ketika hujan tiba ialah batuk. Batuk merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh banyak orang entah itu batuk kering atau batuk berdahak yang di barengi dengan pilek. Untuk mengatasi penyakit ini, salah satu cara yang bisa anda lakukan ialah mencegah dan menyembuhkannya dengan obat batuk tradisional. Tentunya obat alami ini lebih aman di banding obat yang kadang kita beli tanpa kita sadari komposisinya.

Berikut dibawah ini adalah obat tradisional dan alami untuk mengobati batuk.

Obat Tradisional Untuk Batuk

Salah satu obat yang bisa anda konsumsi ialah obat tradisional yang berasal dari tanaman obat alami. Apa saja tanaman obat tradisional batuk yang ampuh, yang bisa anda ketahui? Simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Jeruk Nipis

Tanaman obat tradisional batuk pertama yang bisa anda coba ketika anda mengalami batuk baik batuk berdahak maupun batuk yang tidak berdahak seperti batuk kering ialah dengan mencoba mengkonsumsi jeruk nipis.

Buah jeruk ini memang bisa diketahui sebagai salah satu tanaman obat yang mempunyai manfaat yang bagus untuk menyembuhkan batuk anak atau orang dewasa.

Selain itu, obat tradisional ini juga sangat aman untuk dikonsumsi karena tanaman obat alami ini tidak mempunyai efek samping yang berlebihan ketika anda mengkonsumsinya.

Selain hal tersebut, tanaman obat ini juga cukup mudah untuk diperoleh. Anda bisa membelinya di pasar tradisional.

Namun demikian, jika anda ingin menanam sendiri, anda bisa menanam jeruk nipis ini di pekarangan rumah anda. Selain itu, untuk mengatasi batuk dengan jeruk nipis ini caranya juga cukup mudah.

Hal yang perlu anda lakukan ialah dengan memeras jeruk nipis tersebut kemudian perasan jeruk nipis tersebut bisa anda ambil untuk anda minum.

Jika anda tidak kuat atau tidak tahan dengan rasa asam dari jeruk nipis tersebut, anda bisa menambahkan kecap manis ke dalam perasan jeruk nipis tersebut.

Selain itu, jeruk nipis juga dipercaya mampu menghancurkan batu ginjal secara alami tanpa operasi.

2. Madu

Obat tradisional yang bisa anda konsumsi ketika anda ingin menyembuhkan batuk yang membandel anda ialah dengan mengkonsumsi madu. Madu adalah obat penghilang rasa sakit untuk sakit tenggorokan.

Menurut sebuah penelitian, ia juga dapat meringankan batuk berdahak maupun batuk kering secara efektif dan ampuh dari pada obat bebas yang mengandung dekstrometorfan (DM), yaitu batuk penekan.

Anda bisa membuat obat batuk tradisional sendiri di rumah dengan mencampur hingga 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon.

Madu memang menenangkan, sementara jus lemon bisa membantu kemacetan. Anda juga bisa hanya makan madu dengan sesendok atau menyebarkannya ke roti untuk camilan.

Disamping itu madu juga biasa dikombinasikan dengan mengkudu untuk dijadikan sebagai obat alami untuk penyakit kanker payudara.

3. Jahe

Tanaman obat tradisional batuk yang bisa anda pilih selanjutnya ialah jahe. Jahe memiliki banyak kekuatan rahasia dan telah digunakan sejak jaman dahulu sebagai obat alami.

Praktisi pengobatan Timur umumnya meresepkan jahe untuk mengobati gejala pilek dan flu karena kemampuan antihistamin dan dekongestannya.

Anda bisa membuat teh jahe dengan menambahkan 12 irisan jahe segar di dalam pot dengan tiga gelas air. Biarkan mendidih selama 20 menit dan angkat dari api.

Saring, tambahkan 1 sendok makan madu dan peras lemon, dan rasa; Jika terlalu pedas, tambahkan lebih banyak air.

Bahkan karena keampuhannya jahe juga biasa digunakan sebagai tanaman herbal atau obat tradisional untuk menyembuhkan batuk pilek, berdahak, kering, baik itu untuk dewasa maupun anak-anak.

4. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh yang biasa kita kenal sebagai salah satu bumbu dapur dengan cita rasanya yang cukup asam.

Namun tak disangka ternyata bisa kita jadikan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan batuk secara alami dan ampuh.

Cara membuatnya pun sangat mudah: siapkan 10 buah blimbing wuluh yang telah dibersihkan lalu parut sampai halus.

Tambahkan air dan garam secukupnya, terakhir saring ramuan tadi agar ampasnya bisa buang. Dan ramuan pun bisa diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi, ternyata Belimbing wuluh bisa dijadikan sebagai obat tradisional penurun darah tinggi secara alami.

Obat Batuk Kering Alami Yang Ampuh

 6+ Tanaman Obat Tradisional Untuk Batuk Yang Ampuh, No.3 Ada di Dapur!

Bagi penderita batuk kering yang membandel sekalipun bisa memanfaatkan beberapa tanaman dan rempah sebagai obat batuk kering paling ampuh, seperti dibawah ini:

5. Jahe Merah

Tanaman obat selanjutnya adalah jahe merah, tanaman yang satu ini memang terkenal ampuh dalam mengatasi batuk kering yang membandel.

Cara membuatnya cukup dengan menyiapkan jahe merah sebanyak sepotong ibu jari. Kemudian kunyah hingga halus telan airnya dan buang ampasnya.

Atau bisa juga dengan proses parut hingga halus kemudian diambil sarinya untuk diminum. Lakukan hal ini sehari 2 kali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak Jauh beda dengan saudaranya jahe, tanaman obat ini juga biasa dijadikan sebagai obat tradisional sakit pinggang Anda tanpa Obat.

6. Kunyit dan Merica

Sudah sejak lama Kunyit dikenal sebagai salah satu tanaman obat tradisional alami yang kaya akan kandungan antibiotik.

Kandungan tersebut lah yang dipercaya mampu menyembuhkan batuk kering secara alami yang disebabkan oleh peradangan saluran pernafaasan.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu: siapkan kunyit sebesar ibu jari, dan merica setengah sendok teh.

Campurkan kedua bahan pada air mendidih kemudian aduk hingga tercampur sempurna. Minum ramuan tradisional tersebut selagi hangat sebanyak 2 kali sehari.

Jika Anda mempunyai keluhan sakit kepala atau vertigo, maka merica yang dikombinasikan dengan lemon bisa menjadi ramuan obat tradisional yang ampuh untuk penyakit vertigo Anda.

Demikian lah kumpulan tanaman obat tradisional untuk batuk berdahak dan batuk kering, semoga bermanfaat. Artikel ini hanya bersifat informasi dan tidak untuk menggantikan pendapat ahli, dokter, atau profesional. Kesehatan Penyakit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel