7 Jenis Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria) dan Manfaatnya

7 Jenis Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria) dan Manfaatnya

Jenis Tanaman Lidah Mertua - Sansevieria atau yang lebih kita dengan lidah mertua merupakan tanaman yang cukup populer di Indonesia karena sering dijadikan sebagai tanaman hias di rumah.

Tanaman ini banyak dipilih oleh masyarakat kebanyakan karena mudah dalam hal perawatan maupun pembudidayaannya. Tanaman ini dapat tumbuh di kondisi yang sedikit air atau kering dan lokasi yang terpapar cahaya matahari secara langsung.

Ciri-ciri tanaman Sansevieria diantaranya adalah mempunyai daun keras, sukulen, berdaun tegak, dimana di bagian ujungnya meruncing.

Salah satu alasan mengapa tanaman Sanseviera disebut sebagai tanaman lidah mertua adalah karena tanaman ini memiliki bentuknya yang tajam dibagian ujungnya.

JENIS - JENIS TANAMAN LIDAH MERTUA (Sansevieria)

1. SANSEVIERIA TRIFASCIATA

7 Jenis Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria) dan Manfaatnya

Sansevieria trifasciata; tanaman ular, lidah mertua atau pedang Saint George (di Brasil) adalah salah satu spesies tanaman hias berbunga yang berasal dari kawasan Afrika Barat, Nigeria timur dan Kongo.

Ciri-ciri: memiliki rimpang yang terketak di bawah tanah. Daunnya kaku dan tumbuh secara tegaka/vertikal ke atas.

Daunnya berwarna hijau dengan corak seperti guratan-guratan berwarna abu-abu-hijau-(belang-belang) panjang daunnya berkisar antara 70-90 cm dan lebarnya berkisar antara 5-6 cm.

2. SANSEVIERIA STUCKYI


Sansevieria stuckyi adalah salah satu spesies tanaman hias berbunga yang berasal dari kawasan Afrika yang berada tepat dibawah garis ekuator .

Ciri-ciri: Daunnya kasar, berdaging, berwarna hijau gelap dan dihiasi dengan guratan-guratan berwarna pucat. Tanaman mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 2 meteran (tergantung pada ketersediaan cahaya dan kelembaban). Menghasilkan bunga saat musim semi atau musim gugur dengan aroma khas dan wangi, bunga berwarna kuning-putih.

3. SANSEVIERIA PINGUICULA


Sansevieria Pinguicula adalah salah satu spesies tanaman hias berbunga yang berasal dari kawasan Bura, Kenya , Garissa. Spesies ini pertama kali dikenalkan oleh Peter René Oscar Bally pada tahun 1943.

Ciri-ciri: Daunnya berwarna biru-hijau dengan panjang berkisar antara 12-30 cm, dan lebar 2,8-3,5 cm.

Dibagian pinggir daun terdapat pembatas yang berwarna cokelat-kemerahan. Tanamn ini terbilang tanaman paling tanggguh, karena ia mampu bertahan di daerah yang paling gersang di Kenya.

4. SANSEVIERIA KIRKII

Sansevieria kirkii atau sansevieria bintang, adalah salah satu spesies tanaman hias berbunga yang berasal dari Afrika.

Ciri-ciri: memiliki bunga yang berwarna putih-kehijauan, beraroma wangi, dan memiliki kerucut perbungaan. Daunnya berwarna loreng hijau gelap.

5. SANSEVIERIA EILENSIS


Sansevieria eilensis adalah salah satu spesies tanaman hias berbunga yang berasal dari daerah kecil di Somalia dekat kota Eyl. Spesies ini ditemukan oleh John Lavranos pada tahun 1973.

Ciri-ciri: pertumbuhan tanaman tergolong lambat, berdaun kasar yang berbentuk silinder dan melengkung ke bawah.

tanaman yang sudah dewasa biasanya hanya memiliki 2 sampai 3 daun dengan panjang berkisar antara 7-12 cm dan berdiameter 1,9-2,5 cm. Daun biasanya berwarna hijau muda- kebiruan denga loreng berwarna hijau-abu-abu.

6. SANSEVIERIA EHRENBERGII

Sansevieria ehrenbergii (sansevieria pedang, oldupai) adalah salah satu spesies tanaman hias berbunga yang berasal dari kawasan timur laut Afrika, Libya selatan, Tanzania , Oman, dan Arab Saudi.

Ciri-ciri: daunnya berwarna hijau gelap dengan panjang berkisar antara 0,5 dan 1,5 m dan lebar 2,45 dan 8,0 cm lebar. Daunnya tersusun rapih dan cukup rapat.

Manfaat lidah mertua ini: digunakan sebagai antiseptik, perban alami, tali, keranjang, atap dan pakaian.

7. SANSEVIERIA CYLINDRICA

Sansevieria cylindrica (tombak Afrika atau sansevieria tombak) adalah salah satu spesies tanaman hias berbunga yang berasal dari kawasan Angola.

Ciri-ciri: daunnya berkarakter halus dan berwarna abu-kehijauan. Tanaman ini mampu tumbuh dengan besar batang bisa mencapai 3 cm dan tinggi hingga 2 m.

Selain itu, bentuknya menyerupai kipas. Bunganya berkoloni dengan panjang koloni 3 cm dan berwarna putih- kehijauan dan kadang merah muda.

Spesies ini pertama kali dikenalkan oleh Wenceslas Bojer pada tahun 1837.

Mamfaat Tanaman Lidah Mertua Untuk Kesehatan

Selain untuk tanaman hias, lidah mertua juga mempunyai manfaat buat kesehatan diantaranya adalah: Mengobati kanker ganas, Membantu mengobati wasir, Membantu menyembuhkan sakit kepala, Membantu menurunkan resiko diabetes, Aktif membantu mengurangi sick building syndrome

Harga Tanaman Lidah Mertua

Jika teman-teman di rumah tertarik untuk menanamnya, kalian bisa mengunjungi toko-toko tanaman terdekat.

Untuk harga Tanaman Lidah mertua bisa dibilang cukup terjangkau untuk kantong ibu rumah tangga, yaitu berkisar antara 10.000-50.000. harga tersebut masih sangat fleksiber tergantung persedian di pasar.

Nah itulah tentang jenis-jenis tanaman lidah mertua atau Sansevieria yang mungkin kalian harus tahu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DMCA.com Protection Status