8 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Yang Tak Terduga

8 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Yang Tak Terduga

Khasiat dan Manfaat Tanaman Lidah Mertua - Lidah mertua atau Sansevieria adalah salah satu jenis tanaman hias yang masuk dalam genus Sansevieria dan memiliki sekitar 70 spesies, tanaman ini berasal dari daratan Afrika, Madagaskar dan Asia selatan.

Tanaman Lidah mertua memiliki beberapa sebutan diantaranya adalah lidah ibu mertua, lidah setan, lidah jin, busur tali rami, tanaman ular atau lidah ular.

Nama Sanseverinia diambil untuk menghormati Pietro Antonio Sanseverino, yaitu orang yang berhasi menangkarkan tanaman ini (1724-1771).

Deskripsi Tentang Tanaman Lidah Mertua

Sansevieria atau yang lebih kita dengan lidah mertua merupakan tanaman dengan yang cukup populer di Indonesia karena sering dijadikan sebagai tanaman hias di rumah.

Tanaman ini banyak dipilih oleh masyarakat kebanyakan karena mudah dalam hal perawatan maupun pembudidayaannya. Tanaman ini dapat tumbuh di kondisi yang sedikit air atau kering dan lokasi yang terpapar cahaya matahari secara langsung.

Ciri-ciri tanaman Sansevieria diantaranya adalah mempunyai daun keras, sukulen, berdaun tegak, dimana di bagian ujungnya meruncing.

Salah satu alasan mengapa tanaman Sanseviera disebut sebagai tanaman lidah mertua adalah karena tanaman ini memiliki bentuknya yang tajam dibagian ujungnya.

Selain dijadikan sebagai tanaman hias, lidah mertua juga mempunyai beberapa manfaat diantaranya adalah untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas.

Sementara serat dari tanaman ini bisa digunakan sebagai bahan baku dalam pembautan pakaian. Di Jepang, Sanseviera bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di dalam ruangan.

Yang lebih mengejutkan lagi, tanaman Lidah mertua ini mempunyai keistimewaan berupa kemampuannya  yang bermanfaat untuk menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

Jika kita amati bersama, terutama pada bagian daunnya kita akan mendapatkan dua jenis daun pada tanaman lidah mertua atau sanseviera.

Yaitu sanseviera memiliki daun keras dan sanseviera berdaun lembut. Sanseviera berdaun tebal berasal dari iklim kering dan tandus seperti Afrika, sedangkan yang berdaun lembut berasal dari kawasan yang beriklim tropis dan subtropis.

Meskipun tanaman ini dikenal dengan keindahan daun-daunnya namun ia tetap memiliki bunga, meskipun bentuknya sederhana dan terkesan biasa-biasa aja.

Lidah mertua juga biasanya memiliki bunga yang berwarna putih-kehijauan, ungu-merah, kecoklatan. Selain itu, ia juga memiliki buah yang berwarna merah atau oranye berry.

Di alam bebas, penyerbukan bunga Sansevieria dibantu oleh ngengat untuk menghasilkan buah dan biji untuk berregenerasi.

Tanaman ini senantiasa memunculkan tunas di sekitar akarnya dan daun muda di bagian tengah tanaman ini.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Lidah Mertua

1. Untuk pengobatan tradisional

Di Afrika, daun lidah mertua biasa diambil seratnya untuk kepentingan industri disana; dan ada beberapa spesies, misalnya Sansevieria ehrenbergii yang getahnya dipercaya memiliki kandungan antiseptik berkualitas, dan daunnya bisa digunakan untuk perban tradisional sebagai tindakan pertolongan pertama.

2. Mampu menyerap polusi udara

Sebagaimana Golden Pothos ( sirih gading ) dan Tanaman Jagung-Jagungan (Dracaena fragrans ), spesies Sansevieria juga memiliki senyawa yang mampu mengubah dan menyerap karbon diaksoda di udara menjadi oksigen udara yang baik (seperti formaldehida , xylene dan toluene ).

Dengan kemampuannya ini tanaman lidah mertua dijuluki tanaman penyerap polusi terbanyak, yaitu sekitar 170 polutan yang mampu ia serap dan akan dikleuarkan kembali menjadi oksigen sehingga sangat bagus jika di simpan di ruangan.

Sehingga tanaman ini sangat dianjurkan untuk diletakkan di dalam ruang tamu selain bisa dijadikan sebagai tanaman hias ia juga berfungsi untuk menampung polutan rokok, terutama bagi kamu yang perokok sehingga baik untuk kesehatan.

3. Sebagai tanaman hias

Lidah mertua adalah jenis tanaman yang sering dibudidayakan seperti Sansevieria cylindrica dan Sansevieria trifasciata, dimana keduanya memiliki kualitas yang sama dalam hal pembudidayaan.

Sansevieria trifasciata (yaitu ‘Laurentii’) adalah salah satu spesies sanseviera yang paling banyak di budidaya di Indonesia dan seluruh dunia.

Di Cina, tanaman ini biasanya dihias dengan naga dan burung phoenix untuk kepentingan perayaan-perayaan.

Di Korea, tanaman lidah mertua umumnya dijadikan sebagai hadiah oleh para tamu undangan untuk tuan rumah yang sedang merayakan upacara pembukaan bisnis atau peristiwa yang berkaitan dengan usaha lainnya.

Di Barbados, Sansevieria juga populer disebut sebagai “pabrik uang”, mereka percaya dengan memiliki tanaman ini maka si pemilik akan selalu dilancar usaha dan bisnisnya serta senantiasa menghasilkan pundi-pundi uang.

4. Sebagai anyaman

Di Jepang, sebagian masyarakatnya memanfaatkan daun lidah mertua untuk dijadikan karya seni berupa anyaman dan untuk membuat kain.

Serat yang di hasilkan dari tanaman ini dipercaya memiliki kualitas yang baik, kuat, serta lembut.

5. Bunga lidah mertua mempunyai aroma khas

Sama halnya dengan bunga lavender, Bunga lidah mertua memiliki aroma yang khas sehingga di beberapa Negara maju seperti Chinna dan Perancis memanfaatkannya sebagai parfum dna pewangi ruangan.

Aroma yang dikeluarkan dari bunga ini sangat cocok untuk menghilangkan bau-bau yang menyengat seperti di toilet dan dapur.

Sehingga di kedua negara tersebut bunga di ekstrak untuk didapatkan minyaknya. Setelah itu, ektra dari bunga lidah mertua bisa di aplikasikan (biasanya:di semprotkan) di kamar mandi maupun dapur yang kerap meninggalkan bau-bau menyengat.

6. Mampu menyerap radiasi

Selain dipercaya mampu menyerap CO2, ternyata tanaman ini juga mampu menyerap radiasi yang dihasilkan dari brang-barang elektronik di rumah kita (seperti komputer, televisi, sound system dll).

Dengan demikian tanaman ini sangat disaran untuk diletakkan di areal meja tamu atau ruang keluarga yang terdapat televisi dan ruangan-ruangan yang sering dijadikan sebagi tempat berkumpul.

7. Sebagai aroma terapi

Selain dijadikan sebagai parfum, tanaman lidah mertua juga bisa dijadikan sebagai salah satu aroma terapi untuk kesehatan.

Jadi, ketika sore datang, bunga dari tanaman lidah mertua akan mekar sempurna. Nah, Saat itu pulalah bunga ini akan menghasilkan aroma khas yang memiliki efek menenangkan.

Beberapa orang memanfaatkan waktu-waktu tersebut untuk duduk bersantai disekitar tanaman ini guna mendapatkan aroma terapi yang dihasilkannya.

Mereka percaya aromanya sangat ampuh untuk mengurangi dan meredakan stress.

8. Sebagai hair tonik alami

Jika kamu mendambakan rambut halus dan indah alami tiak ada salahnya memanfaatkan tanaman ini.

Pasalnya lidah mertua  merupakan salah satu tanaman yang dipercaya  mampu memelihara rambut. Disamping melembutkan, ia juga bisa kita gunakan untuk menghaluskan dan penyegarkan rambut secara alami.

Selain di atas masih ada lagi manfaat lidah mertua buat kesehatan diantaranya adalah: Membantu mengobati wasir, Membantu menyembuhkan sakit kepala, Membantu menurunkan resiko diabetes, Aktif membantu mengurangi sick building syndrome.

Demikianlah sekilas tentang manfaat tanaman lidah mertua, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DMCA.com Protection Status