15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat alami yang juga dapat digunakan sebagai campuran untuk pelengkap bumbu masakan. Namun tahukah anda bahwa manfaat jahe untuk kesehatan sangat populer di masyarakat jaman dulu dengan mengolahnya sebagai ramuan tradisional atau herbal?

Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis Jahe

1. Jahe Putih

Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih.

2. Jahe Gajah

Jahe gajah memiliki karakteristik yang hampjr sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.

3. Jahe Merah

Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jahe merah memiliki rasa yang kuat karena didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.

Nah.. Setelah anda mmengetahui macam-macam jenis jahe di atas, sekarang kita akan bahas apa sih manfaat jahe untuk kesehatan? Berikut ulasannya:

15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

1. Jahe putih untuk menjaga kekebalan tubuh

Jahe putih memiliki kandungan anti toksin dan anti oksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas maupun virus yang dapat menyerang kapan saja. Dengan mengonsumsi secara rutin dan teratur, khasiat dari jahe ini dapat menghindarkan anda dari serangan penyakit akibat radikal bebas. Cara mengolahnya pun cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan beberapa potongan jahe putih kedalam seduhan minuman tea maupun susu yang disedu dengan menggunakan air panas.

2. Jahe putih dan merah untuk menghangatkan tubuh

Jahe putih dan merah memiliki manfaat untuk kesehatan yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini dikarenakan terdapat kandungan minyak atsiri yang terdapat didalam jahe yang bersifat pedas dan hangat. Untuk mendapatkan khasiat jahe tersebut anda dapat mengolahnya dalam bentuk seduhan minuman hangat yang dapat anda tambhakan sedikit pemanis gula pasir.

Untuk menggunakan jahe merah sebagai seduhan hangat, perlu hati-hati dalam jumlah jahe yang anda campurkan. Karena jahe merah memiliki rasa yang pedas yang tinggi sehingga disarankan untuk menggunakan jahe merah dalam jumlah yang sedikit.

3. Jahe putih untuk menyembuhkan kembung 

Jahe dapat dimanfaatkan sebagai menyembuhkan kembung. Hal ini dikarenakan rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat membantu mengatasi perut kembung. Dalam pengolahannya untuk ramuan menghilangkan kembung, anda dapat mengolahnya dengan cara menyedunya dengan air panas dengan campuran pemanis baik dengan gula pasir maupun susu. Dalam mengonsumsinya baiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat – panas. Untuk mencapai kesembuhan, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan porsi biasanya sampai penderita kembung dapat bersendawa dan mengeluarkan keringat dari tubuhnya.

4. Jahe putih untuk mengobati batuk dan flu

Rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat juga digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi batuk dan flu. Pada dasarnya batuk dan flu merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan akibat virus dan radikal bebas. Penyakit ini dapat di obati dengan menggunakan rebusan air jahe hangat karena pada kandungan jahe terdapat zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat mengurangi virus akibat radikal bebas. Rasa hangat yang terkandung dalam jahe juga dapat melegakan sistem pernafasan dan mengurangi timbulnya dahak pada tenggorokan. Sehingga batuk dan flu dapat berkurang dan dapat segera membaik.

5. Jahe putih untuk mengurangi resiko mabuk kendaraan

Kandungan jahe memiliki rasa sedikit pedas dan hangat. Dalam kondisi anda mabuk kendaraan baik udara, darat maupun laut disarankan anda untuk mengonsumsi rebusan air jahe hangat dengan sedikit manis. Rasa jahe yang khas dapat mengurangi rasa mual yang timbul dan dapat dengan segera menetralisir kondisi tubuh anda.

6. Jahe untuk menjaga peredaran darah

Kandungan jahe mempunyai khasiat sebagai pelancar peredaran darah. Dengan mengonsumsi secara rutin dan ditunjang dengan olahraga yang rutin maka peredaran darah akan lancar sehingga dapat mengurangi resiko penyakit akibat dari kurangnya peredaran darah seperti pusing.

7. Menghilangkan zat buruk dalam tubuh

Kadungan hangat yang terkandung dalam jahe bermanfaat untuk mengurangi zat buruk yang terdapat dalam tubuh. Rasa hangat yang dikandung dapat mengeluarkan zat-zat buruk bersamaan dengan keluarnya keringat.

8. Menghilangkan rasa capek

Jahe dapat digunakan sebagai ramuan penghilang rasa capek. Hal ini dikarenakan kandungan jahe memiliki fungsi untuk menjaga kerenggangan otot-otot yang ada dalam tubuh dan dapat melumasi persendian dengan baik. Dengan demikian capek-capek dapat dihilangkan dengan cara sedikit bersantai sejenak dengan menikmati seduhan air jahe hangat.

9. Untuk mengatasi pusing

Dalam manfaat jahe bagi kesehatan yang satu ini, ada kaitannya dengan sistem peredaran darah yang kurang lancar sehingga dapat menimbulkan rasa penat dan pusing. Dengan kandungan jahe yang memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah maka jahe juga dapat mengurangi rasa pusing yang timbul.

10. Jahe merah untuk mengurangi sel-sel kanker

Jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, kandungan jahe merah juga dapat merangsang perutmbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian maka manfaag jahe untuk kesehatan yaitu dapat mengurangi timbulnya sel-sel jahat seperti sel-sel kanker.

11. Menjaga kesetabilan tubuh

Kandungan jahe untuk menjaga kesetabilan tubuh ada kaitannya dengan kandungan zat anti oksidan dan anti toksin yang mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus.

12. Jahe putih dan merah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut

Kasiat jahe merah dan putih dipercaya dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut karena adanya kandunga anti jamur. Kandungan anti jamur yang terdapat pada jahe juga mampu mengurangi timbulnya jamur dan kuman pada mulut sehingga manfaat jahe bagi kesehatan sangat bagus untuk gigi dan mulut dan juga dapat menghindarkan dari timbulnya sariawan.

13. Jahe putih untuk mengurangi stress

Jahe putih yang diseduh atau di rebus dengan rasa yang nikmat yang berkhasiat memberikan efek perasaan yang menenangkan. Sehingga untuk mengurangi rasa penat dan stress maka dapat anda coba dengan menikmati sedukah jahe hangat yang nikmat.

14. Mengurangi kadar kolesterol

Kandungan jahe putih maupun jahe merah memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah dan merontokkan sel-sel kolesterol pada tubuh. Dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan secara rutin meminum air rebusan jahe maka resiko kolesterol dapat dikurangi.

15. Melancarkan pencernaan

Kandungan jahe juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan herbal jahe dapat menjaga kesehatan usus dan lambung dan menjaga tumbuhnya infeksi dalam sistem pencernaan yang akan menghambat jalannya sistem pencernaan anda.

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat jahe bagi kesehatan dengan baik disarankan mengonsumsi secara teratur.

Demikian tentang 15 manfaat jahe untuk kesehatan. Semoga masalah pada tubuh yang anda alami seperti di atas dapat di obati dengan olahan tradisional jahe ini. Trimakasih