8 Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Tubuh Kita

8 Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Tubuh Kita
8 Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Jogging Bagi Kesehatan - Jogging jadi salah satu olahraga yang cukup ngetren akhir-akhir ini. Olahraga ini sangat digemari oleh semua kalangan : artis, kakek-nenek, mahasiswa, pekerja kantoran, maupun para remaja terutama bagi wanita. Selain dianggap menyehatkan tubuh, jogging juga memungkinkan seseorang bisa menikmati pemandangan dan suasana pagi atau sore hari.

Tetapi, beberapa orang masih enggan untuk melakukan olahraga ini entah itu saat pagi maupun sore. Alasan masih mengantuk dan kelelahan akibat aktivitas kemarin, menghalangi mereka untuk menggerakkan badan di pagi hari.

Apakah kamu masih malas jogging? Nah dibawah ini ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan jogging pagi bagi kesehatan tubuh.

8 Manfaat Jogging Pagi Maupun Sore Hari Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menguatkan tulang

Jogging merupakan olahraga yang meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatannya. Sebuah studi tahun 2001 yang dilakukan oleh lembaga survey kesehatan AS menemukan fakta bahwa pria yang melakukan jogging atau lari pagi memiliki tulang lebih kuat daripada mereka yang tidak aktif berolahraga. Olahraga jenis ini sangat bermanfaat bagi kesehatan karena secara berkala meningkatkan massa tulang kita. Hayo, yang masih muda tapi sering nyeri tulang, apakah masih ragu melakukan olahraga jogging pagi atau sore? Mulai sekarang coba deh kalian biasakan olahraga ini demi kesehatan tubuh kalian.

2. Mencegah Masalah Sendi

Beberapa iklan mempertontonkan adegan orang mengalami nyeri sendi setelah jogging. Yap! Itu cuma iklan. Karena faktanya, olahraga jogging pagi bagi wanita maupun pria bisa menyehatkan persendian kita lho apalagi jika melakukan jogging setiap hari tentu baik buat kesehatan badan kita. Orang-orang yang menderita rematik-arthritis, jogging bisa  meningkatkan kekuatan fisik dan mental sehingga dapat melancarkan kegiatan sehari-hari. Setidaknya, inilah laporan tim dari Arthritis Foundation.

Selain sendi, jogging juga meningkatkan masa dan kesehatan otot di sekitar sendi. Tetapi, penderita arthritis perlu mengonsultasikan olahraga ini terlebih dulu dengan para dokter. Untuk yang bebas masalah sendi, olahraga ini sangat baik untuk mencegah penyakit tersebut.

3. Menyehatkan jantung

Jogging dengan melakukan Lari pagi bermanfaat membantu mengontrol tekanan darah, gula darah, dan kadar kolesterol dalam tubuh. Olahraga ini membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan membakar lemak di sekitar jantung, agar peredaran darah lebih lancar.

4. Menyehatkan paru-paru

Berdasarkan riset American Council on Exercise, orang yang melakukan jogging pagi juga bisa mengurangi kecenderungan seseorang untuk terus merokok. Olahraga ini merupakan salah satu terapi untuk menghentikan kebiasaan merokok.

5. Mengurangi depresi

Menurut riset yang sama, olahraga lari pagi atau jogging bisa me-refresh otak dan pikiran. Depresi, rasa khawatir, ketakutan berlebihan, trauma, stress bisa berkurang dengan jogging. Jogging sangat ampuh untuk menjadi mood booster karena membuat suasana hati menjadi lebih tenang.

6. Mengontrol berat badan

Menurut penelitian Harvard Medical School, 30 menit lari sambil jalan pagi yang dilakukan secara rutin akan membakar 180 kalori. Berlari dengan kecepatan 5km/jam akan membakar 240 kalori. Baik lari maupun jogging semi jalan, sama-sama bisa membentuk otot perut yang lebih rata dan mengurangi massa lemak dalam tubuh. Berarti olahraga jogging ini juga cocok untuk wanita yang ingin diet, punya tubuh ramping dan atletis.

7. Mencegah stroke

Orang yang lari lebih dari 50 km per minggu memiliki kandungan HDL kolesterol (lemak yang baik) lebih tinggi daripada yang pasif. Mereka juga mengalami penurunan kadar trigleserida serta memiliki resiko tekanan darah tinggi maupun darah rendah 2 kali lebih rendah. Semua peningkatan performa tubuh ini akan menjauhkan kita dari potensi penyakit stroke, salah satu pembunuh paling menakutkan di Indonesia. Sehingga disitulah bahwaa manfaat jogging bagi kesehatan sangat baik untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

8. Meningkatkan mood saat bekerja dan beraktivitas di rumah

Ibu rumah tangga dan wanita karir sering merasa stress akibat tekanan pekerjaan dan masalah keluarga. Untuk itu, sangat disarankan bagi mereka untuk melakukan gerakan jogging dengan lari pagi selama 30 menit setiap pagi setelah subuh. Bisa dilakukan sambil menuju pasar atau sekadar menyapa tetangga. Berlari secara nyata, merupakan cara ampuh agar sejenak melupakan masalah pekerjaan dan di rumah. Sejenak, wanita jadi memiliki waktu untuk diri sendiri sambil menghirup udara pagi. Selain itu jogging juga mempunyai manfaat yang bagus bagi wanita yang ingin melakukan diet.

Masih ada banyak sekali manfaat jogging pagi yang bisa kita dapatkan. Dengan berlari minimal 30 menit setiap pagi atau sore, kita sudah mendapatkan tubuh yang fit dan pikiran yang fresh. Tapi ingat! Jangan berlebihan dalam berolahraga dan tahu batasan saat lelah untuk menjaga kesehatan anda. Gaya Hidup Kesehatan Olahraga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel