10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami dan Permanen

10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami dan Permanen
10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami dan Permanen

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami dan Permanen - Mengapa keringat dapat menyebabkan bau badan? Setiap manusia memiliki kelenjar keringat. Umumnya keringat tidak berbau. Namun, jika melekat di kulit misalnya pada bagian ketik selama beberapa jam, itu dapat menimbulkan masalah bau badan yang menyengat dan tidak sedap. Hal itu karena kegiatan bakteri-bakteri yang hidup secara alamiah di permukaan kulit. bakteri-bakteri itu cepat berkembang biak ketika keringat muncul. Kelenjar keringat diproduksi oleh kelenjar apokrin.

Keringat dihasilkan oleh 2 kelenjar penting dalam tubuh manusia yakni:

1. Kelenjar accrine yang bertugas untuk memproduksi keringat bening dan tidak berbau yang dikeluarkan sejak bayi. Kelenjar accrine ini umumnya berada di tangan, punggung serta dahi. Kelenjar accrine ini mengeluarkan cairan yang banyak mengandung air dan tidak berbau. cairan tersebut berfungsi untuk menurunkan kondisi tubuh pada waktu tertentu. Kelenjar accrine ini memiliki kandungan asam lemak jenuh dengan cairan lebih kental dan berminyak.

2. Kelenjar apokrin. Kelenjar ini letaknya lebih luas di dalam tubuh, terutama di bagian tubuh yang memiliki perakaran rambut seperti ketiak, organ intim dan di dalam hidung. Namun, letak kelenjar apokrin ini lebih banyak terdapat di bagian ketiak yang dimana ketiak memiliki pori-pori yang cukup besar untuk menghasilkan dan mengeluarkan keringat. Kelenjar apokrin ini juga akan bereksresi bersama bakteri yang berperan dalam proses pembusukan, kemudian timbullah masalah bau badan yang tidak sedap. Kelenjar apokrin ini akan aktif setelah masa pubertas.

Banyak faktor yang memicu timbulnya bau badan yang tak sedap, seperti:

1. Kegemukan

Banyak fakta menyebutkan, mereka yang memiliki berat badan berlebih atau dalam istilah sehari-hari dikenal “kegemukan” umumnya memiliki pori-pori tubuh yang besar untuk memproduksi dan mengeluarkan keringat lebih banyak. Pada orang gemuk, keringat cenderung terperangkap di antara lipatan-lipatan kulit.

2. Meningkatkan hormon 

Hormon manusia biasanya akan mulai aktif ketika masa pubertas. Peningkatan hormon juga dilandasi oleh berkembangnya usia seseorang dimana, hormon mengalami pelonjakan terutama pada wanita ketika mengalami masa menstruasi untuk kali pertama, masa menopause, kelelahan fisik, stress dll.

3. Penyakit 

Beberapa riwayat adanya penyakit juga dapat dijadikan alasan penyebab bau badan, seperti diabetes yang merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan bau badan. Hal ini terjadi karean gula darah yang tidak terkontrol sehingga meningkatkan kondisi yang disebut ketoasidosis. Masalah bau badan yang dialami banyak orang, tentunya akan membuat seseorang tidak percaya diri dan enggan atau merasa malu ketika berbaur dengan banyak orang.

Bau badan dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan dan merasa penampilannya tidak sempurna, meski tubuh telah menggunakan berbagai jenis deodorant atau parfum untuk menekan dan meminimalisir bau badan. Deodorant tak selamanya dapat membantu menyamarkan bau badan atau keringat berlebih. Oleh karenanya penting menjaga kebersihan diri seluruhnya guna untuk menghindari masalah bau badan tidak sedap yang membuat seseorang kurang percaya diri. Nah dibawah ini adalah tips dan cara menghilangkan bau badan secara alami dan permanen.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

1. Daun sirih 

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih ampuh dalam membasmi masalah kesehatan. Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungan dalamnya. Vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten ada pada daun sirih. Daun sirih ini jadi cara efektif menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara cepat.

Untuk menghilangkan bau badan menggunakan daun sirih, caranya adalah:

  • Ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air
  • Kemudian campurkan pada bak air yang Anda gunakan untuk mandi
  • Lalu mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut
  • Lakukan hal tersebut secara rutin, maka bau badan Anda akan segera menghilang.

2. Daun beluntas

Daun beluntas merupakan tanaman kecil yang sering tumbuh di pinggir pantai. Daun beluntas merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh meski tanpa dirawat. Daun beluntas mengandung banyak sekali senyawa yang tentu saja besar manfaatnya bagi tubuh. Ada alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, falovonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan juga vitamin C.

Cara menghilangkan bau badan menggunakan daun ini:

  • Rebus daun beluntas hingga matang
  • Minum air rebusan ini secara rutin, sebanyak 2 kali dalam sehari

3. Daun kemangi

Minyak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau badan ada dalam kemangi. Selain itu kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik.

Caranya:

  • Anda cukup memakannya sebagai lalapan. Cukup dengan segenggam kemangi setiap pagi dan sore
  • Namun jika Anda tidak menyukainya sebagai lalapan, Anda bisa menggunakannya sebagai teh.

Caranya:

  • Jemur daun kemangi hingga kering
  • Lalu tumbuk hingga halus, seduh dengan air panas lalu disaring
  • Minum 2 kali sehari secara rutin

4. Temulawak

Temulawak juga mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain seperti sapomin dan flavoinoida yang dapat menghilangkan bau badan. Untuk menghilangkan bau badan caranya adalah:

  • Parut temulawak sampai halus
  • Kemudian beri air sembari diperas
  • Tambahkan 1 sdt madu untuk menghilangkan baunya
  • Minum air perasan temulawak tersebut

5. Bunga kecombrang

Tidak hanya daun sirih, bunga kecombrang juga kaya akan antioksidan dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, streoid, polifenol, antimikroba, vitamin, dan juga mineral. Zat-zat tersebut berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Tumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya.
  • Lalu gunakan sebagai sabun pada tubuh setiap kali Anda mandi.

6. Jeruk purut

Kaya manfaat merupakan salah satu kelebihan jeruk purut. Meski asam jeruk purut memiliki puluhan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ada serat, gula, karbohidrat, vitamin A dan C, kalori, zat besi, sodium, dan kalsium.

Caranya:

  • Peras 1 buah jeruk purut kemudian campur dengan segelas air
  • Minum 2 kali sehari secara rutin

7. Jeruk nipis

Tidak hanya jenis jeruk purut saja yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jeruk nipis juga tidak kalah bermanfaat lho. Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori. Cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis ini bisa Anda coba sebagai solusi mudah selanjutnya.

Cara mengaplikasikan jeruk nipis sebagai penghilang bau badan:

  • Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian.
  • Oleskan pada ketiak anda, sama seperti mengaplikasikan deodoran pada ketiak Anda.

8. Jahe

Jahe juga ternyata mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit. Minyak atsiri seperti sudah sering disebutkan di atas, berguna sebagai penghilang bau badan. Wedang jahe yang dikonsumsi sehari sekali secara rutin akan membantu menghilangkan bau badan.

9. Mentimun

Mentimun terdiri dari 95 persen air. Mentimun juga mengandung zat seperti vitamin K, vitamin C, magnesium, kalium dan mangan, vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.

Caranya:

  • Anda hanya perlu menggunakan ketimun sebagai masker pada ketiak.
  • Gunakan dua kali seminggu secara rutin.

10. Cengkeh

Ramuan tradisional lainnya yang mengandung minyak atsiri adalah cengkeh. Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Rendam bunga cengkeh dalam air panas hingga bunga mengembang
  • Lalu minum airnya
  • Minum 2 kali sehari secara rutin, niscaya bau badan Anda akan menghilang.
Nah demikian lah tentang penyebab dan cara menghilangkan bau badan secara alami. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih..
Gaya Hidup Kecantikan Kesehatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel