Kunci Sukses Day Trading Option (Bagian 2)

Kunci Sukses Day Trading Option (Bagian 2)


Siapa Yang Cocok Melakukan Day Trading?

Sebetulnya trading jenis apapun bisa dan boleh dilakukan oleh semua orang. Akan tetapi masing-masing orang mempunyai sifat dan karakteristik kejiwaan (psycology) yang berbeda-beda, misalnya ada orang yang sabar menunggu, telaten menunggu, ada yang tidak sabaran, ada yang bisa selalu disiplin dan ada yang tidak.

Kembali ke pertanyaan apakah day trading untuk semua orang? Bisa dijawab dengan jawaban “YA”, tetapi di dalam day trading akan banyak ditemui hal-hal yang positif dan negatif,  profit dan loss atau keuntungan dan kerugian yang akan selalu dihadapi. Siapapun yang tidak siap menghadapi kerugian berarti tidak cocok untuk melakukan trading apapun termasuk day trading option . Sebagai trader atau pedagang, untung dan rugi sudah menjadi bagian yang selalu menyertai. Hal yang sama juga terjadi di perdagangan pasar traditional, setiap pedagang pasti pernah mengalami kerugian disamping keuntungan yang didapat.

Lalu bagamana untuk meminimalkan kerugian dan memaksimalkan profit?
Uintuk bisa sukses menjadi day trader, dibutuhkan 5 hal berikut:

1.       Perencanaan yang matang
Orang atau trader yang sukses melakukan day trading adalah mereka yang mempunyai perencanaan yang matang, mempunyai strategi trading yang solid, dan mereka disiplin terus menerus hanya mengikuti strategi yang telah terbukti solid tersebut.

Ingat bahwa trading merupakan lahan yang sangat empuk untuk mendulang dolar, tetapi itu semua harus dilakukan dengan perencanaan yang betul-betul matang, metode, indikator atau apapun alat yang digunakan harus diuji dengan sungguh-sungguh baik dalam virtual market maupun real martket.
Ada banyak macam indikator akan tetapi bisa dikelompokkan kedalam dua macam:

- Clear indicator : yaitu indikator yang secara tegas dan jelas memberikan informasi kapan harus masuk dan kapan harus keluar (entry and exit point). Indikator jenis ini sangat mudah dipahami dan digunakan oleh semua orang termasuk orang awam.

Contoh clear indicator (maaf tidak bermaksud lain kecuali hanya contoh ilustrasi):

Kunci Sukses Day Trading Option

Indikator diatas dengan tegas dan jelas memberi informasi dan petunjuk untuk masuk dengan beli call option yang berarti harga akan naik atau put option yang berarti harga akan turun.

- Unclear indicator : Yaitu indikator yang tidak dengan tegas dan tidak dengan jelas dalam memberikan informasi kapan masuk dan keluar pasar. Indikator macam ini masih membutuhkan penafsiran oleh masing-masing orang atau trader untuk mengambil keputusan beli call option atau put option. Indikator jenis ini tentu mudah diikuti oleh mereka yang sudah profesional dan lama terjun di bidang trading.

Kunci Sukses Day Trading Option

Contoh dua gambar diatas diambil dari saham yang sama dan pada hari serta jam yang sama.

Indikator jenis yang kedua tidak dengan jelas memberikan petunjuk tetapi butuh penafsiran untuk mengambil keputusan beli call option atau put option, misalnya  dengan terpenuhinya kriteria sebagai berikut:

  • Beli call option bila garis bollinger band melebar, parabolic SAR muncul dari bawah, histogram hijau diatas garis nol mulai muncul, dan garis MA warna Cyan berpotongan keatas.
  • Beli put option bila garis bollinger band melebar, parabolic SAR muncul dari atas, histogram merah  dibawah garis nol mulai muncul, dan garis MA warna Cyan berpotongan kebawah.

Yang perlu diperhatikan disini bahwa semua indikator mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penting bagi anda untuk membuat perencanaan dengan titik-titik indikator yang mempunyai akurasi tinggi, catat dan ikuti terus petunjuk dari indikator di titik-titik yang akurasinya tinggi ini, tinggalkan di titik-titik lain yang mempunyai akurasi rendah.
Berikutnya terus secara sabar menunggu saat yang tepat dan disiplin untuk terus mengikuti metode yang terbukti mendatangkan profit tersebut. Ingat baik-baik “ Mempunyai metode, strategi atau indikator yang bagus tanpa disiplin tidak ada gunanya.” Software indikator yang bagus tidak menjamin  sukses jika tidak disiplin.

2.       Akuntabel dan responsibel
Setiap trade atau  transaksi yang akan  anda lakukan harus diperhitungkan dengan matang dan cermat, hanya anda yang bertanggung jawab terhadap setiap keputusan yang anda ambil, tidak ada orang lain terlibat. Ingat suatu metode atau strategi hanya cocok untuk suatu kondisi market tertentu, dan tidak cocok untuk kondisi market yang lain, kenali hal ini betul-betul. Tidak ada market yang jelek, melainkan bahwa anda hanya perlu menunggu market yang bagus yang cocok dengan strategi anda, atau anda cari market lain yang cocok dengan strategi anda. Sebagai trader banyak hal yang anda bisa lakukan dan anda harus bertanggung jawab terhadap semua hasil keputusan anda sendiri, jika ada kesalahan harus segera diperbaiki dan tidak menyalahkan orang lain. Belajar dari pengalaman virual trading tidak membayar dan tidak mengurangi modal anda yang ada di rekening real.  Tetapi gunakan virtual trading seolah-olah uang sungguhan anda, belejar dan praktek terus di virtual, bila ada kesalahan pengambilan keputusan segera diperbaiki disini, jangan sampai kesalahan itu nanti terbawa di real trading.

3.       Sikap Positif
Trading bisa menjadi hal yang sangat mudah karena penghasilan besar dengan kerja yang relatif minimal. Akan tetapi tidaklah semudah itu untuk mencapai kesuksesan sebagai seorang trader,  anda perlu serius belajar, belajar dan belajar. Dalam proses belajar virtual trading paupun dalam trading sungguhan menggunakan real akun suatu saat pasti menghadapi loss atau kerugian. Untuk menghadapi situasi seperti ini, anda perlu menanamkan sikap positif, yaitu bahwa profit dan loss merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam trading apapun dan anda harus yakin bahwa anda bisa profit jauh lebih besar daripada lossnya. Inilah sikap positif yang perlu anda miliki jika anda ingin sukses menjadi trader. Jangan lelihat orang lain yang gagal karena keterbatasannya, tetapi lihatlah orang lain yang berhasil dengan kelebihannya.

4.       Berlatih dengan serius dan jujur
Banyak sekali orang yang ingin trading dan cepat berhasil, tetapi anehnya mereka semua rata-rata malas belajar. Padahal belajarnya sangat mudah, langsung praktek jual-beli dan diberi modal gratis untuk belajar sepuasnya sampai mahir bisa profit rutin. Akan tetapi hampir semua orang tidak dengan sungguh-sungguh mau belajar dan memenfaatkan kesempatan itu. Rata-rata dari mereka hanya mau belajar untuk bisa cara beli dan cara jual saham atau option saja. Setelah mereka bisa cara beli dan cara jual, mereka langsung pratek real money atau uang sungguhan. Mana bisa cara belajar seperti itu menghasilkan profit, yang ada hanyalah modal habis hanya dalam untuk beberpa kali transaksi saja. Ada juga yang mau belajar virtual agak lama tetapi tidak memberlakukannya sebagaimana uang sungguhan, sehingga mereka transaksi jual beli seenaknya tanpa memperhitungkan dengan cermat berdasarkan strategi yang dimiliki. Alhasil ketika mereka sudah bisa profit dengan cara belajar seperti itu walaupun itu mungkin hanya kebetulan, mereka sudah menganggap dirinya bisa dan memberanikan diri untuk melakukan trading sungguhan. Apa yang terjadi pastilah bisa ditebak, bukan untung besar yang didapat melainkan loss besar.
Setelah semua habis, mereka baru menyadari bahwa mereka perlu belajar dengan seius, tetapi modal sudah terlanjur habis. Tamatlah sudah, mau belajar serius juga percuma,  karena kalaupun toh sudah mahir juga gak punya modal lagi, mau jual sawah juga gak punya sawah.

Sebelum itu semua terjadi, bagi siapa saja yang ingin sukses di day trading option, hukumnya wajib belajar, berlatih dan berlatih dengan serius dan jujur.  Jujur artinya tidak asal-asalan mentang-mentang uang virtual seenaknya, tetapi harus memberlakukan uang virtual seperti uang sungguhan. Sehingga hasilnyapun bisa diukur, kalau loss di virtual ya loss betul di real nantinya kalau profit di virtual ya profit betul di real nantinya.

5.       Komitmen
Kesuksesan bukan sulapan, trading juga bukan sulapan yang akan membuat anda kaya mendadak dalam waktu sehari. Kesuksesan juga tidak datang sendiri dalam waktu semalam, tetapi membutuhkan usaha, waktu, tenaga, dan tentu saja biaya dan itu semua membutuhkan komitmen.
Komitmen artinya bahwa anda secara konsisten mengikuti petunjuk dari tehnik atau strategi yang telah anda miliki, anda pelajari, anda paraktekkan dalam virtual trading selama berbulan-bulan yang telah terbukti hasilnya.

Belajar juga butuh koitmen, apabila selama berlatih dalam virtual belum memberikan hasil yang memuaskan berarti anda belum waktunya untuk masuk ke trading dengan real money, anda harus mengulang dan mengulang kalau perlu mengganti metode yang sesuai dengan anda sampai anda sendiri membuktikan hasilnya di virtual, baru berikutnya di real money.
Selamat belajar...! salam profit....!
(bersambung di bagian 3 : Cara sukses membuat day trading sebagai Trading For Living atau penghasilan utama) Bisnis Trading

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel