Mempelajari Vega Dalam Trading Option, Apa Sih Fungsinya?

Mempelajari Vega Dalam Trading Option, Apa Sih Fungsinya?
Mempelajari Vega Dalam Trading Option, Apa Sih Fungsinya?

Vega Dalam Trading Option - Secara teori, Istilah dan pengertian Vega dari suatu option menunjukkan besar-kecilnya harga option akan berubah naik atau turun ketika tingkat volatilitas saham yang mendasarinya mengalami perubahan.
Harga option cenderung lebih mahal ketika volatilitas lebih tinggi. Dengan demikian, setiap kali volatilitas naik, harga option juga akan naik dan ketika volatilitas menurun, harga option juga akan turun sebesar nilai vega.

Vega akan menyebabkan perubahan harga option untuk setiap 1 poin persentase perubahan dalam volatilitas. Misalnya, jika harga option adalah $2,50 dan nilai Vega menunjukkan 0,25 serta nilai volatilitas 20%, maka jika volatilitas bergerak dari 20% hingga 21%, harga option akan naik menjadi $2,75.

Seperti halnya gamma, Vega juga mempunyai tingkat perubahan yang sama antara call option dan put option.
Perubahan Nilai Vega Terhada Harga Strike
Seperti Option Greek lainnya, pergerakan Vega juga tidak linier, nilai vega akan berubah secara konstan ketika semua faktor yang mempengaruhi perubahan harga option berubah. Beberapa faktor memiliki dampak yang lebih besar pada perubahan harga option daripada yang lain. Di bawah ini Anda akan mendapatkan ilustrasi dari berbagai macam pengaruh dari faktor-faktor tersebut terhadap perubahan nilai vega.

Harga option yang mendekati ATM adalah paling sensitif terhadap perubahan dalam tingkat volatilitas dan oleh karena itu memiliki nilai Vega tertinggi. Kemudian nilai Vega berangsur-angsur turun ketika harga option bergerak menuju OTM dan ITM. Lihat diagram berikut.

Contoh Vega VS Strike Price

Mempelajari Vega Dalam Trading Option, Apa Sih Fungsinya?

Contoh Vega VS Waktu Kadaluwarsa

Mempelajari Vega Dalam Trading Option, Apa Sih Fungsinya?


Contoh Vega VS Volatilitas

Mempelajari Vega Dalam Trading Option, Apa Sih Fungsinya?


Pentingnya Fungsi Vega Dalam Trading Option

Vega dapat digunakan untuk memprediksi bagaimana harga suatu option kemungkinan akan bergerak, oleh karena itu sangat penting meluangkan waktu untuk memahami vega dan volatilitas dari pergerakan harga saham yang mendasarinya. Setelah Anda memiliki kejelasan tentang bagaimana harga option berubah akibat pengaruh dari tingkat volatilitas pergerakan harga saham, maka anda akan bisa memposisikan trading anda dalam posisi yang jauh lebih baik dan untuk mengukur tingkat risiko yang mungkin terjadi dalam setiap posisi trading option, yang pada akhirnya bahkan anda dapat menemukan peluang profit besar berdasarkan tingkat volatilitas harga saham.

Pada tingkat lanjut ada beberapa strategi trading option yang digunakan khusus untuk pasar yang bergejolak tinggi yang dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan tingkat volatilitas, bahkan tetap bisa profit besar ketika harga saham yang mendasarinya statis atau tidak bergerak.

Jika Anda ingin menggunakan strategi semacam itu, anda bisa membaca artikel yang saya tulis di bagian lain yang membahas khusus strategi tersebut, antara lain tentang strategi long straddle, short straddle, long strangle, dan short strangle dimana untuk mempelajari strategi tersebut sangat perlu pemahaman yang baik tentang delta, gamma, vega dan theta. Bisnis Trading

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel