13 Merk Obat Maag Anak dan Dewasa Di Apotik

Merk Obat maag

Merk Obat Maag Anak dan Dewasa Di Apotik - Maag (dispepsia) tidak cuma mrnyerang orang dewasa, tapi juga banyak menyerang anak-anak usia 5-18 tahun. Maag adalah kumpulan penyakit pencernaan yang terdiri dari kembung, nyeri ulu hati, mual, muntah atau rasa cepat kenyang.

Berdasarkan gejalanya, maag dibagi menjadi :

  1. Maag tipe ulkus dengan gejala nyeri ulu hati yang lebih dominan.
  2. Maag tipe fungsional dengan gejala kembung dan mual yang lebih dominan.

Sakit maag disebabkan oleh reaksi radang di lambung yang muncul karena tidak seimbangnya faktor perlindungan. Normalnya, dinding lambung selalu terlindungi, tetapi dengan adanya peningkatan asam, rusaknya pembuluh darah lambung, minum obat-obatan tertetu, paparan asap rokok hingga stress emosional bisa merusak keseimbangan itu dan menimbulkan sakit maag. Anak-anak yang sering mengonsumsi obat-obatan tertentu misalnya obat untuk nyeri kronis, bisa terkena maag.

Faktor penyebab lain dari sakit maag adalah kuman H.pylori yang bisa menginfeksi lambung ana k dengan gejala-gejala nyeri ulu hati, terbangun di malam hari dan sering muntah, berat badan menurun, diare berulang.  Bila menemukan gejala-gejala seperti ini sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis anak sub spesialis gastroentrologi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Waspada Keluhan Sakit Perut

Kapan Anda harus curiga ketika orang dewasa atau pun anak-anak terkena maag? Bila anda mengeluh sakit perut disertai mual dan muntah yang dipengaruhi makanan, sebaiknya Anda datang ke dokter untuk memastikan apakah terserang maag atau tidak. Pemberian obat-obatan oleh dokter lebih kepada mendukung kembalinya keseimbangan antara zat pelindung dan faktor perusak di lambung.

Pola Makan Untuk Penderita Sakit Maag

Pemberian pola makan sedikit tapi sering baik untuk menghindari naik turunnya asam lambung. Hindari makanan yang merangsang asam lambung seperti cuka, asam, pedas dan soda itu merupakan pantangan bagi penderita maag.

Merk obat maag

13 Merk Obat Maag Untuk Anak dan Dewasa

Berikut ini berbagai merk obat maag untuk anak dan dewasa yang di jual di apotek yang berasal dari jenis antasida, yaitu:

1. Promag
Promag adalah salah satu obat asam lambung yang paling populer di masyarakat. Selain mudah diperoleh di toko obat atau warung, rasanya yang tidak pahit dan mudah dikunyah membuatnya lebih digemari.

Promag mengandung kombinasi hydrotalcit, magnesium hidroksida, dan simetikon yang bekerja efektif dalam menetralkan asam lambung. Promag dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan maupun ketika gejala maag mulai muncul.

Efek samping Promag: sembelit, diare, mual, dan muntah.

Kisaran harga Promag: Rp 7.000 - 8.000 per strip.

2. Mylanta
Mylanta juga termasuk obat maag di apotik yang banyak diincar. Obat ini tersedia dalam bentuk sirup dan tablet, sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Mylanta mengandung kombinasi bahan aktif magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, dan simetikon. Keseluruhan kandungan tersebut dapat membantu menetralkan asam lambung yang sedang meningkat, sehingga dapat meredakan gejala maag.

Dosis obat Mylanta: 3-4 hari sekali 1 sendok takar atau 1 tablet untuk orang dewasa. Bisa diminum 1-2 jam sebelum atau sesudah makan.

Efek samping Mylanta: mual, sembelit, diare dan sakit kepala. Harga Mylanta berkisar Rp. 40.000 per botol 150 ml.

3. Waisan
Waisan mengandung kombinasi magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, dan simetikon. Kombinasi ketiga bahan tersebut bekerja langsung menetralisir asam lambung, sehingga ampuh meringankan gejala maag.

Keunggulannya dibandingkan dengan obat maag lainnya adalah Waisan tersedia dalam bentuk sachet yang praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Untungnya lagi, Waisan dapat mudah ditemui di warung atau pasar swalayan.

Dosis obat Waisan: 3-4 x 1 sachet per hari untuk dewasa. Sementara untuk anak-anak, gunakan setengah dosisnya.

Kisaran harga Waisan: Rp 7.000-8000 per pack yang berisi 12 sachet.

4. Gastran
Gastran adalah obat maag di apotek yang berbentuk tablet. Kandungannya sama dengan obat maag lainnya, yaitu kombinasi aluminium hidroksida, magnesium karbonat dan simetikon. Cara kerjanya pun serupa, yaitu dengan menetralisir asam lambung yang membuat gejala maag kambuh.

Obat ini harus digunakan secara hati-hati, terutama pada penderita disfungsi ginjal atau yang menjalani diet rendah fosfat.

Dosis Gastran: 3 x sehari 1-2 tablet.

Efek samping Gastran: diare dan konstipasi.

5. Antasida Doen
Antasia Doen merupakan obat asam lambung berbentuk tablet kunyah dengan kandungan bahan aktif aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida, tapi tanpa simetikon.

Dua senyawa utama tersebut berfungsi untuk menetralkan asam lambung dan me-nonaktifkan pepsin. Alhasil, rasa nyeri dan nyut-nyutan akibat maag dapat diminimalisir dengan baik.

Dosis Antasida Doen: 3-4 x sehari 1-2 tablet untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak setengah dosisnya. Obat ini sebaiknya dikunyah dulu sebelum diminum.

Harga Antasida Doen: Rp 2.000-3.000 per strip.

6. Polysilane
Polysilane adalah obat maag jenis antasida yang cukup terkenal di masyarakat, sama seperti Mylanta dan Promag. Kandungan bahan aktifnya terdiri dari kombinasi magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, dan dimetikon.

Polysilane tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari tablet kunyah, sirup suspensi, dan granul.

Dosis Polysilane: 3-4 x sehari 1-2 sendok takar untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak umur 6-12 tahun diberikan setengah dosis. Obat ini dapat diminum 1-2 jam sebelum makan dan sebelum tidur.

Harga Polysilane: Rp 25.000 - 30.000 untuk ukuran sirup 100 ml.

7. Camaag Mint
Camaag Mint mengandung bahan aktif magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, dan dimetikon dengan cara kerjanya mirip dengan antasida lainnya. Hanya saja, dosis Camaag Mint lebih besar per sendok takarnya, sehingga lebih kuat menetralisir asam lambung dibanding antasida lain.

Camaag Mint tersedia dalam bentuk sirup suspensi. Obat ini tidak boleh digunakan terus-menerus hingga 2 minggu, karena dapat meningkatkan risiko efek samping obat.

Jika Camaag Mint diberikan bersamaan dengan antibiotik jenis tetrasiklin, maka harus diberikan jeda 1-2 jam untuk meminimalisir risiko interaksi obat.

Obat maag di apotik dari jenis penghambat reseptor H2

8. Ranitidine
Ranitidin adalah obat maag yang umumnya diresepkan oleh dokter untuk mengatasi gejala maag. Mengandung bahan aktif cimetidine yang dapat menghambat reseptor H2 pada gastrik parietal sel di lambung, sehingga dapat memblokir efek histamin danproduksi asam lambung.

Dengan terhambatnya produksi asam lambung, maka rasa sakit dan perlukan pada lambung akibat maag dapat perlahan-lahan sembuh. Selain itu, ranitidine juga tidak menghambat produksi pepsin sehingga lebih aman untuk pencernaan.

9. Neosanmag Fast
Neosanmag Fast adalah obat asam lambung di apotik dengan kandungan fomatidine. Bahan aktif ini berfungsi sebagai penghambat reseptor H2 histamin yang dapat menurunkan produksi dan keasaman asam lambung.

Neosanmag Fast tersedia dalam bentuk tablet kunyah. Selain mengobati maag, Neosanmag Fast juga termasuk obat bebas terbatas yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan radang lambung dan gejala sindrom Zollinger-Ellison.

Kabar baiknya, obat maag ini aman dikonsumsi ibu hamil, tapi tidak untuk ibu menyusui. Pasalnya, kandungan dalam Neosanmag Fast dapat terserap ke dalam ASI dan berpotensi membahayakan bayi.

Dosis Neosanmag Fast: 1 tablet per hari untuk dewasa dan anak-anak berumur lebih dari 12 tahun, sedangkan untuk anak-anak di bawah 12 tahun maksimal 2 tablet per hari.

Harga Neosanmag Fast: Rp 5.000 - 6.000 per strip.

10. Ranivel
Obat asam lambung di apotik lainnya dari jenis penghambat reseptor H2 adalah Ranivel. Mengandung bahan aktif berupa ranitidin HCL yang cara kerjanya seperti ranitidin, yaitu menghambat reseptor H2 histamin sehingga dapat mengurangi asam lambung.

Ranivel tersedia dalam bentuk tablet dan sirup suspensi. Ingat, obat maag ini termasuk golongan obat keras yang hanya boleh dikonsumsi berdasarkan resep dari dokter.

Harga Ranivel: Rp 7.000 per tablet atau 80.000 per botol ukuran 60 ml.

11. Gastridin
Gastridin adalah obat maag berbentuk tablet dengan kandungan bahan aktif berupa ranitidine HCL. Cara kerjanya sama dengan ranitidine, yaitu menghambat reseptor H2 histamin sehingga asam lambung akan berkurang.

Obat ini dapat diminum bersamaan atau tanpa makanan. Gastridin hanya bisa didapatkan dengan resep dokter karena termasuk obat keras.

Harga Gastridin: Rp 6.000-7.000 per tablet.

Obat maag di apotik dari jenis penghambat pompa proton

12. Omeprazole
Omeprazole adalah obat maag di apotik yang berasal dari jenis penghambat pompa proton. Obat ini bekerja dengan cara menghambat kerja enzim pada permukaan sel parietal lambung sekaligus menghambat pembentukan asam lambung.

Omeprazole dianggap bekerja lebih baik dibanding obat maag jenis antasida ataupun penghambat reseptor H2. Namun, penggunaannya harus berdasarkan resep dokter, karena penggunaan berlebihan dapat meningkatkan risiko efek sampingnya.

Omeprazole tidak disarankan untuk ibu hamil.

13. Protop
Protop adalah salah satu obat asam lambung di apotik dari jenis penghambat pompa proton lainnya. Manfaat dan cara kerja Protop sama dengan omeprazole karena memiliki kandungan bahan aktif yang sama.

Dari segi harga, Protop cenderung lebih mahal dibanding jenis antasida dan penghambat reseptor H2. Namun, efek antisekresinya sudah dapat dirasakan 1-2 jam setelah penggunaan dan efeknya pun dapat bertahan hingga 3 hari.

Nah, sekarang Anda tak perlu bingung lagi untuk membeli obat maag di apotik. Namun, ada baiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk mendapatkan saran obat asam lambung yang terbaik dan sesuai kebutuhan Anda.