2 Cara Membuat Bonsai Asam Jawa Terbaik dan Sukses

2 Cara Membuat Bonsai Asam Jawa Terbaik

Berdasarkan cara membuat bonsai asam jawa terbaik, maka untuk mendapatkan bahan pohon bonsai Asem jawa terdiri dari dua cara, yaitu cara pembuatan bonsai dari Biji, dan cara membuat bonsai asam dari hasil cangkok.

Yang perlu digarisbawahi, pohon asam jawa tidak dapat ditanam dengan cara stek, walaupun pernah ada rekan yang mengatakan berhasil muncul tunas namun ternyata tidak bertahan lama karena tunas yang keluar hanya dari sisa kambium yang tersisa pada batang subur.

Untuk bahan hasil dongkelan hutan asam jawa juga rawan mati, biasanya muncul tunas hanya dari sisa kambium, bahkan ada yang bertahan 1 sampai 2 bulan tiba-tiba mati sia-sia.

Jadi admin rerekomendasikan untuk bonsai asam jawa sebaiknya bahan bakala diperoleh dari hasil semai biji atau hasil cangkok.

Cara Membuat Bonsai Asam Jawa Terbaik Dari Semai Biji 

2 Cara Membuat Bonsai Asam Jawa Terbaik dan Sukses


  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pemilihan biji yang akan ditanam. Pilih biji asam jawa yang sudah tua atau yang sudah masak.
  2. Siapkan baskom atau mangkuk yang berisi air, lalu rendam biji asam jawa tersebut selama satu minggu. Perendaman ini dilakukan agar cangkang biji asam yang tebal dan keras dapat mengelupas dari bijinya.
  3. Setelah cangkang bijinya mengelupas, angkat biji asam jawa tersebut dari rendaman air kemudian rendam kembali pada wadah lain yang berisi larutan pupuk khusus pertumbuhan.
  4. Selanjutnya, tanam biji pada polybag atau pot yang sudah diisi media tanam. Media tanam adalah komposisi tanah, pupuk kandang, pasir dan kompos. Tanam biji tersebut ke dalam media tanam namun jangan menimbunnya terlalu dalam. Tunggu hingga bijinya mulai berkecambah dan mulai tumbuh lebih besar. Dalam keadaan ini, pohon asam jawa Anda sudah siap dijadikan bakalan bonsai pohon asem jawa.


Cara Membuat Bonsai Asam Jawa Dari Cangkok

2 Cara Membuat Bonsai Asam Jawa Terbaik dan Sukses

Cara pembuatan bonsai asem yang satu ini memang sederhana dikarenakan tidak memerlukan pembibitan dari biji asem. Dimana proses tersebut tentu saja membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 2-3 bulan. Namun teknik membuat bonsai asam jawa dari cangkokan ini membutuhkan keahlian khusus dalam hal mencangkok. Salah satunya dalam hal mengelupas kulit dari batang pohon asem yang akan dijadikan indukan. Dalam pemilihan indukan, pilihlah batang dari pohon yang berusia tua. Selain itu batang usahakan tidak ada jamur serta berdaun rindang dan hijau.

Setelah proses pencangkokan berhasil dengan munculnya akar-akar pada batang. Batang bisa dipotong dan ditanam kemudian menuju proses pembentukan dan perawatan bonsai asem. Dalam proses ini jika menginginkan bonsai asem jawa berbuah, tentunya komposisi tanahnya juga perlu diperhatikan. Hal tersebut bertujuan untuk menunjang kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan bonsai asem jawa tersebut. Setelah proses penanaman berhasil, setiap harinya pun perlu diperhatikan dalam hal pengairan yang juga tidak boleh terlambat. Begitu pula dengan pemupukan yang menggunakan pupuk organic ataupun pupuk kompos.

Selanjutnya anda harus telah menentukan bentuk bonsai yang anda inginkan. Mengingat terdapat berbagai bentuk bonsai yang bisa anda terapkan pada pohon asem yang akan anda bonsai tersebut. Bentuk-bentuk bonsai asem jawa yang banyak diminati adalah bentuk tegak berkelol-kelok, bentuk bonsai tertiup angin, bentuk bonsai air terjalin, bentuk miring kanan atau kiri atau roboh.

Dalam hal perawatan yang perlu diperhatikan adalah mengatur diameter batang bawah. Dimana batang bagian bawah besar semakin ke atas semakin kecil. Selanjutnya bisa juga dilakukan pembentukan dahan atau ranting dengan menggunakan kawat. Dalam proses pembentukan ini, arah dan banyaknya kawat yang digunakan perlu disesuaikan dengan bentuk yang diinginkan.

Proses Ground(penanaman di tanah) Cara Terbaik Untuk Pembesaran Batang Bonsai Asam Jawa

Proses ground atau ada yang menyebut "los" adalah proses pembesaran dengan cara ditanam langsung di tanah, proses ini bisa dibilang sangat menghemat waktu untuk pembesaran, proses ground bonsai asam jawa admin sarankan dibawah akar diberi alas(biasanya pebonsai menggunakan genteng atau keramik) agar pohon tidak begitu stres saat diangkat, selain itu alas juga bermanfaat untuk membentuk akar menjadi datar, atau bisa juga di kubur langsung dengan potnya.

Pada dasarnya, pohon bonsai asam jawa ini menyukai tanah yang berdrainase lancar . Jadi alangkah lebih baik jika ditanam pada tanah yang berkapur atau berpasir. Dengan begitu, tunas-tunas baru akan cepat bermunculan.

No comments for "2 Cara Membuat Bonsai Asam Jawa Terbaik dan Sukses"