√10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Perawatan Alami

Mengatasi rambut rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok - Penampilan sempurna, tak hanya melibatkan wajah bersih, tapi juga rambut kuat dan sehat. Sayangnya, masalah rambut rontok sering kali dianggap hal biasa. Akibatnya cara mengatasi rambut rontok kurang diperhatikan. Padahal, masalah ini bisa merambat dan mengakibatkan kebotakan dini. Nggak mau itu terjadi kan?

Penyebab rambut rontok sebenarnya cukup bervariasi, mulai dari kekurangan zat besi, perubahan hormon dalam tubuh, kulit kepala bermasalah, perawatan rambut tidak sesuai, hingga akibat konsumsi obat-obatan.

Selain itu, ada juga rambut rontok yang disebabkan oleh penggunaan shampo yang kurang tepat dan kurang menutrisi rambut. Karena ternyata rambut dan kulit kepala juga memerlukan nutrisi agar kesehatan dan kekuatan akar hingga ujung rambut terjaga. Oleh karena itu, gunakan selalu shampoo dengan formula tepat yang mampu mengatasi rambut rontok dan menjaga kulit kepala secara menyeluruh seperti Shampo Perawatan khusus untuk Rambut.

Tips Cara Merawat Rambut Rontok

1. Memilih Sampo yang Menutrisi

Rambut rontok disebabkan karena kondisi rambut dan kulit kepala yang kurang ternutrisi. Oleh karena itu, diperlukan sampo yang menutrisi seperti Pantene Shampo Perawatan Rambut Rontok agar rambut kuat dan terawat dari akar hingga unjung rambut. Karena sampo ini mengandung teknologi Keratin Damage Blockers yang membantu mencegah kerusakan akibat rambut patah. Dengan penggunaan rutin, rambut rontokmu bisa berkurang hingga 98% loh!

2. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Biasanya rambut rontok memiliki kondisi akar rambut yang rapuh. Saat rambut terlalu kencang diikat, maka akan ada efek rambut yang tertarik dan membuatnya patah bahkan gugur. Jadi pastikan untuk mengikat rambut secara longgar agar rambut tidak rontok.

3. Jangan gunakan alat styling terlalu panas

Rata-rata alat styling rambut mengandalkan hawa panas untuk menata rambut. Namun bila terlalu panas, hal tersebut justru akan membuat rambut rusak. Jadi pastikan untuk memberi perlindungan dengan heat protector pada rambut sekaligus atur suhu alat styling agar tak terlalu panas, agar rambut tetap sehat terjaga.

4. Konsumsi makanan kaya nutrisi

Pastikan untuk konsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti zat besi, zinc, protein, dan vitain B12 untuk memperkuat kondisi akar rambut.

5. Jaga kebersihan rambut

Pastikan untuk keramas secara rutin sehingga kulit kepala terbebas dari segala debu dan kotoran yang dapat menjadi penyebab rambut rontok. Sebaiknya gunakan sampo dengan formula lembut sehingga tidak mengikis nutrisi alami pada rambut.

Masalah Rambut rontok sebenarnya merupakan hal yang normal dan wajar. Paling tidak, rambut akan mengalami kerontokan sebanyak 40 -120 helai. Namun jika rambut rontok berlebih tentu saja kebotakan permanen akan membayangi. Selain itu pasti risih jika setiap rambut di sisir mengalami rontok. Masalah rambut rontok ini cukup menyita perhatian. Tak heran berbagai cara merawat rambut rontok dilakukan demi mendapatkan rambut yang sehat dan subur. Selain dengan perawatan ke klinik kecantikan, masalah rambut rontok bisa diatasi dengan cara alami mengatasi rambut rontok bahkan menggunakan bahan yang mudah didapatkan lho. Penasaran? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/11/2018) cara merawat rambut rontok secara alami.

1. Lidah buaya

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan Lidah Buaya. Tanaman ini membantu mengatasi rambut rontok dan kering secara alami dengan menyeimbangkan tingkat pH rambut dan kulit kepala Anda. Gel yang disekresikan lidah buaya merembes ke kulit kepala dan juga memicu pertumbuhan rambut.

Caranya Anda bisa dengan meremas pulpa dari daun lidah buaya atau tangkai dan pijat perlahan kulit kepala Anda selama 15 sampai 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu dan Anda akan melihat hasil yang menakjubkan.

2. Neem

Neem atau nimba memiliki sifat anti bakteri yang menakjubkan. Daun yang banyak di India ini bisa membantu mengurangi rambut rontok berlebih, dengam meningkatkan aliran darah ke kulit. Selain itu juga membantu membunuh bakteri dan kutu yang ada di rambut.

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan Neem adalah, pertama rebus beberapa daun nimba dalam air sampai melihat perubahan warna air, biarkan dingin dan gunakan konsentrasi untuk mencuci rambut Anda. Lakukan seminggu sekali untuk mengurangi rambut rontok dan kering, cara ini juga membantu menghilangkan ketombe yang gatal. Neem juga bisa membuka pori-pori yang terblokir di kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang multifungsi. Bukan cuma untuk diolah menjadi minuman dan makanan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Cara mengatasi rambut rontok dan banyak ketombe dengan teh hijau yaitu rebus tiga kantong teh hijau dan gunakan untuk membilas rambut, ini bisa membantu mengendalikan rambut rontok. Lakukanlah dua kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Teh hijau juga akan melindungi kulit kepala  kering dan rambut Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, mencegah rambut pecah-pecah, dan membuat rambut Anda lebih bersinar.

4. Jus ketumbar

Jus ketumbar membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan dapat mengatasi rambut rontok. Buatlan pasta kental dengan menggiling daun ketumbar segar, saring dan simpan jusnya. Cara mengatasi rambut rontok dan kering adalah oleskan jus pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama satu jam dan kemudian gunakan sampo ringan untuk mencucinya. Melakukan perawatan ini dua kali seminggu membantu menjaga kerontokan rambut tetap terkendali, dan juga membuat rambut Anda halus.

5. Kentang

Kentang ternyata bisa menjadi cara alami untuk mengatasi rambut rontok. Makanan ini membantu dalam mengatasi kekurangan kalium yang menyebabkan rambut rontok. Caranya, kupas kentang, haluskan, dan peras untuk mengumpulkan jusnya. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam jus kentang dan oleskan sebagai masker rambut dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan sampo ringan. Agar cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan kentang membuahkan hasil, lakukan perawatan ini seminggu sekali dan lihat perubahannya.

6. Minyak esensial kelapa

Minyak esensial kelapa juga diklaim dapat membantu Anda mengatasi kerontokan rambut. Caranya, adalah pijat kulit kepala Anda menggunakan minyak esensial kelapa selama beberapa menit. Pijatan yang lembut disebutkan dapat membantu folikel rambut Anda tetap aktif. Ingat, jangan memijat terlalu keras karena hal ini bisa bikin rambut malah rusak.

7. Bawang dan Madu

Bawang ternyata punya kandungan sulfur tinggi yang efektif digunakan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok dan kering. Caranya, campurkan air perasan bawang dan satu sendok makan madu. Oleskan di kulit kepala dan diamkan selama dua jam lalu dibilas. Lakukan perawatan ini secara ruitn agar rambut Anda terbebas dari ketombe dan menjadi rambut pun menjadi kuat nggak gampang rontok.

8. Alpukat

Alpukat banyak mengandung protein alami dan bagus untuk rambut dan kulit kepala. Nggak heran buah satu ini kerap dijadikan sebagai salah satu bahan masker rambut. Cara mengatasi rambut rontok berlebih, kering dan berketombe yang membuat rambut gatal. Caranya yaitu hancurkan alpukat sampai kental lalu jadikan sebagai masker untuk rambut. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

9. Jambu biji

Selain enak buat dikonsumsi, jambu biji juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok berlebihan lho. Buah yang mengandung vitamin B3, B5 dan B6 ini mampu memperbaiki rambut rusak, kering dan dapat membersihkan kulit kepala dari ketombe, dan mengatasi rambut rontok.

Anda bisa membuat masker rambut dari buah jambu dengan cara yang mudah. Caranya hancurkan buah jambu biji sampai menjadi bubur lembut dan tambahkan satu putih telur. Aduk kedua bahan ini sampai rata lalu langsung aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan 40 menit lalu pijat kulit kepala pelann – pelan lalu bilas bersih menggunakan sampo.

10. Yoghurt

Salah satu penyebab rambut rontok adalah rambut yang kurang nutrisi dan kering. Jadi nggak ada salahnya untuk melakukan perawatan yang memberikan nutrisi lebih untuk rambut.

Yoghurt dari jaman dahulu sudah menjadi bahan andalan untuk merawat rambut. Anda bisa melakukan cara mengatasi rambut rontok dengan mencampur yoghurt, minyak kelapa, dan madu. Ketiga bahan ini bisa menutrisi rambut Anda dan menjaganya tetap sehat

No comments for "√10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Perawatan Alami"